Tajuk Rencana Bertemakan Politik dalam Surat Kabar Bali Post (Sebuah Kajian Analisis Wacana Kritis Teun A. van Djik)

I Gusti Ngurah Risma Junaedi ., PROF.DR. I NYOMAN SUDIANA, M.Pd. ., PROF. DR. I MADE SUTAMA, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari dimensi teks, (2) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari dimensi kognisi sosial, dan (3) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari konteks sosial.
Subjek dalam penelitian ini adalah surat kabar Bali Post, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tajuk rencana bertemakan politik. Data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari dimensi teks didominasi oleh sistematika penulisan (pendahuluan (masalah), isi (analisis masalah) dan penutup (solusi)), elemen detail dan kata ganti, (2) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari dimensi kognisi sosial memperlihatkan bahwa, penulis/redaksi memang memiliki pengetahuan yang bagus mengenai politik, sikap netral dalam tulisan dan kenyataan juga telah ditunjukan, tetapi penulis/redaksi belum berani melakukan suatu gebrakan atas isu yang berkembang di masyarakat dan masih sebatas melihat suatu peristiwa/informasi dari satu sisi, yakni instansi yang terkait atau berwenang, (3) tajuk rencana bertemakan politik dalam surat kabar Bali Post ditinjau dari konteks sosial menunjukan bahwa Bali Post memiliki citra yang baik di mata masyarakat pembaca dalam penyampaian peristiwa melalui tajuk rencana, tidak adanya tanggapan masyarakat yang menyatakan bahwa tajuk rencana di Bali Post mengandung praktik kekuasaan kenetralan Bali Post juga terlihat dari beberapa media lain yang juga mengangkat topik yang sama dan di hari yang sama. Oleh karena itu, disarankan kepada redaksi surat kabar Bali Post agar mempertahankan netralitas dalam menampilkan sebuah tajuk rencana, mempertahankan kekonsistenan dalam hal sistematika tulisan (supra struktur) dan lebih berani menggali data terselubung dari suatu peristiwa/tokoh.
Kata Kunci : Bali Post, tajuk rencana, politik, analisis wacana kritis.

This study was a descriptive qualitative study which aimed to describe and analyze (1) Editorialwith politic theme in Bali Post reviewed from text demention, (2) Editorial with politic theme in Bali Post reviewed from cognition social demention, (3) Editorial with politic theme in Bali Post reviewed from social context.
The subject of this study was Daily Newspaper, Bali Post, meanwhile the object was its Editorial with Politic Theme. The data were obtained through documentation and interview method. The obtained data then were analyzed using descriptive qualitative analysis method. Based on findings and discussion, it could be concluded that, (1) editorial with politic theme in Bali Post reviewed from text dimension was dominated by text structure ( opening of the case), content (case analysis), and closing ( solution) details and substitution words, (2) editorial with politic theme in Bali Post reviewed from cognitive
Social dimension showed that, the writer/editor was truly had good competence about politics, neutral side in his writing, and the facts he wrote about, however he was not brave enough to do changes towards the issues spreading up in society. He still sat himself in one side about the issues or information, that is government side, (3) editorial with politic theme in Bali Post reviewed from social context showed that Bali post had good reputation among its readers proofed by how they told the issues through Editorial of Bali post. There was no comment from society who stated that Editorial of Bali post containing of authority practice. The neutrality of was also identified from other media which wrote the same issues in the same time. So, it was suggested to editors of Daily Neswpaper Bali Post to still keep steadly the neutrality in writing an editorial, keep consistency in writing structure (supra structure, and more brave to search valid data from couted issues or special persons.
keyword : Bali Post, Editorial, politics,critical text analysis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.