PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DIPADUKAN DENGAN KECERDASAN GANDA TERHADAP AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP

DEWA GDE BERATHA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis tiga hal pokok, yaitu (1) perbedaan aktivitas dan motivasi belajar siswa secara simultan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek yang dipadukan dengan kecerdasan ganda (MPBPKG) dan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar dengan MPBPKG dan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan MPBPKG dan model pembelajaran konvensional.

Penelitian ini menggunakan nonequivalent posttest-only control group design. Teknik simple random sampling digunakan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen pada 3 kelas setara di kelas VIII SMP Negeri 1 Gianyar. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan motivasi belajar siswa. Aktivitas belajar diukur dengan observasi menggunakan pedoman observasi yang menggunakan rentang nilai skala 4. Motivasi belajar diukur dengan teknik kuisioner dengan menggunakan kuisioner motivasi yang terdiri dari 30 pernyataan dalam bentuk skala likert dengan 5 pilihan jawaban dengan reliabilitas 0,898 yang berkategori sangat tinggi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan analisis varian multivariat (MANOVA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas dan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan MPBPKG dan model pembelajaran konvensional (F=13,952; p<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar dengan MPBPKG dan model pembelajaran konvensional (F=22,476; p<0,05) di mana aktivitas belajar pada MPBPKG (M=47,61; SD=3,72) lebih baik dibandingkan dengan MPK (M=43,71; SD=3,44), (3) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan MPBPKG dan model pembelajaran konvensional (F=7,895; p<0,05) di mana motivasi belajar pada MPBPKG (M=116,55; SD=8,17) lebih baik dibandingkan dengan MPK (M=110,58; SD=10,25).

 

Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, kecerdasan ganda, aktivitas belajar dan motivasi belajar.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

This research aimed of analyzing three main points, i.e.: (1) the differences of students’ activity and motivation in learning simultaneous between students that learning with Multiple Intelligences supported Project-Based Learning (MIPBL) and conventional learning model, (2) the differences of students’ activity in learning between students that learning with MIPBL and conventional learning model, (3) ) the differences of students’ motivation in learning between students that learning with MIPBL and conventional learning model.

This research utilizes nonequivalent posttest-only control group design.  Simple random sampling method utilized to determine control class and experiment class on 3 equal classes at eight degree in SMP Negeri 1 Gianyar. Variable that is measured in this research is students’ activity and students’ motivation in learning. Students’ activity in learning is measured by observation utilizes activity observation guidance that utilize scale value range 4. Meanwhile, the students’ motivation in learning is measured by questionnaire tech by use of questionnaire motivates that consisting of 30 statements in likert's scales with 5 answer option with reliability 0,898 that are being in very high categories. Descriptive and MANOVA analyzes were used to analyzed data.

The results find that (1) there was a significant differences in students’ activity and motivation among students that learned by MIPBL and conventional learning model simultaneously (F =13,952; P<0,05), (2) there was a significant differences in students’ activity among students that learned by MIPBL and conventional learning model (F=22,476; p<0,05) whereabouts students’ activity on MPBPKG (M=47,61; SD=3,72) was better than  MPK (M=43,71; SD=3,44), (3) there was a significant differences in students’ motivation among students that learned by MIPBL and conventional learning model (F=7,895; p<0,05) whereabouts students motivation on MPBPKG (M=116,55; SD=8,17) was better than MPK (M=110,58; SD=10,25).

Key words: Project-based learning, multiple intelligences, activity and motivation in learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.