PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 DAJAN PEKEN TABANAN

Suci Suparmi, AAIN Marhaeni, Gde Artawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis ditinjau dari kemampuan verbal antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD N 1 Dajan Peken Tabanan. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan verbal dan tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang diajar menggunakan metode Mind Mapping dan konvensional baik dari kelompok siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi maupun rendah. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi metode Mind Mapping dan kemampuan verbal terhadap keterampilan menulis siswa.

 

Kata kunci: Kemampuan Verbal, Keterampilan Menulis, dan Mind Mapping


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Armini, N.K., Lasmawan, I.W., Dantes, N. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Selatan Badung”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013). http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/924 (Diakses 18 Januari 2018).

Buzan, T. 2015. Mind Mapping: Scientific Research and Studies.” International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 8, December 2015. 284. ISSN 2250-3153 https://b701d59276e9340c5b4d-ba88e5c92710a8d62fc2e3a3b5f53bbb.ssl.cf2.rackcdn.com/docs/Mind%20Mapping%20Evidence%20Report.pdf. Diunduh 25 Maret 2018.

Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fahim, M. dan Pisghadam, R. 2007. “On the Role of Emotional, Psycometric, and Verbal Intelligence in the Academic Achievement of University Students Majoring in English Language”. Asian EFL Journal, Vol. 9, No 4. Https://www.asian-efl-journal.com/1121/quarterly-journal/on-the-role-of-emotional-psychometric-and-verbal-intelligences-in-the-academic-achievement-of-university-students-majoring-in-english-language/. Diakses 2 April 2018.

Jumadi, Mudiono, A. dan Suwignyo, H. 2017. “Pengaruh Media Gambar Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Blabak I Kabupaten Kediri”. Prosiding TEP dan PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema 4 Nomor 23 Bulan Mei 2017. Diunduh dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/883/555 pada 10 Juni 2019.

Kedaj, P., Pavlicek, J., dan Hanzlik, P. 2014. “Effective Mind Maps in E-Learning.” Acta Informatica Pragensia, 3 (3), 2014, 239-250, DOI: 10.18267/j.aip.51. Diunduh pada 15 Maret 2018.

Kumara, A. 2001. “Dampak Kemampuan Verbal Terhadap Kualitas Ekspresi Tulis.” Jurnal Psikologi, No. 1, 35-38. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/128076-ID-dampak-kemampuan-verbal-terhadap-kualita.pdf tanggal 5 Juni 2019.

Marhaeni, A.A.I.N. dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Rajapriya, M. dan Kumar C.N. 2017. “Effectiveness of Mind Mapping in Higher Education. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) Volume 8, Issue 4, April 2017. http://www.iaeme.com/IJCIET/issues.asp?JType=IJCIET&VType=8&IType=4 diunduh tanggal 2 April 2018.

Santrock, J.W.2007. Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sari, N.R.U., Dantes, N., dan Ardana, I.M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014). http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1125/871 (diakses 1 Februari

Sefrina, A. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Zipp, G. dan Maher, C. 2013. “Prevalence of Mind Mapping as a Teaching and Learning Strategy in Physical Therapy Curricula”. Journal of Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 13, No 5, December 2013. https://josotl.indiana.edu/article/view/3633. Diunduh 28 Maret 2018.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.