TINGKAT KECEMASAN DAN APRESIASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEKECAMATAN POCO RANAKA BARAT, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014

SEBASTIANUS FEDI ., Prof. Drs. Sariyasa,M.Sc., Ph.D ., Prof. Dr.I Nengah Suparta,M.Si .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat kecemasan dan apresiasi matematika siswa kelas VIII SMP negeri sekecamatan Poco Ranaka Barat, (2) mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dan apresiasi matematika ditinjau dari gender pada siswa kelas VIII SMP negeri sekecamatan Poco Ranaka Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah 560 siswa kelas VIII SMP negeri sekecamatan Poco Ranaka Barat-Manggarai Timur-NTT, tahun ajaran 2013/2014. Jumlah sampel 228 siswa, yakni 114 siswa laki-laki dan 114 siswa perempuan yang diambil dengan teknik proporsional random sampling.Data yang diambil adalah kecemasan matematika dan apresiasi matematika siswa.Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara.Data dianalisis dengan uji-t dan uji Kolmogorof-Smirnov. Hasil penelitian adalah: (1) kecemasan matematika siswa berada pada tingkat sedang (48,00 ≤ X1 < 72,00) dengan nilai rata-rata 63,69; (2) apresiasi matematika siswa berada pada tingkat sedang (24,00≤ X2 <36,00), dengan nilai rata-rata 32,68; (3) terdapat perbedaan tingkat kecemasan matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, dimana perempuan lebih cemas daripada laki-laki. Rata-rata skor untuk kelompok perempuan = 66,32 dan laki-laki = 61,06; dan (4) tidak terdapat perbedaan tingkat apresiasi matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, dimana rata-rata skor untuk kelompok laki-laki = 32,97 dan perempuan = 32,39. Hasil penelitian ini bisa dipakai sebagai referensi oleh guru, siswa atau orang tua siswa untuk menentukan tindakan yang dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan apresiasi matematika siswa.
Kata Kunci : Kecemasan Matematika, Apresiasi Matematika, Gender

This research aimed to: (1) Describe the level of math anxiety and math appreciation of eight grade students of Junior High School at Poco Ranaka Barat district, (2) Determining differences in levels of math anxiety and math appreciation in terms of gender of eighth grade Junior High School students at Poco Ranaka Barat district. This is descriptive-quantitative research. The population are 560 eighth grade students of Junior High School at Poco Ranaka Barat district-Manggarai Timur-NTT, in the academic year 2013/2014. Total sample are 228 students of 114 male and 114 female, with proportional random sampling. The required data were students math anxiety and math appreciation. Data collection through questionnaire and interview. Data analyzed by t-test and Kolmogorof-Smirnov test. The results of this study are: (1) students’ math anxiety is at a moderate level (48,00 ≤ X1 < 72,00), with average score = 63,69; (2) students math appreciation is at a moderate level (24,00 ≤ X2 < 36,00), with average score is 32,68; (3) there is a difference between the math anxiety level of male students to female students, where women are more anxious than men. Average score for male group = 61,06 and female group = 66,32; and (4) there is no difference between the level of math appreciation of male students with female students, which average score for male group = 32,97 and average score for female group = 32,39. This study results can be used as a reference by teachers, students or parents of students to determine actions that can reduce math anxiety and increase students' math appreciation.
keyword : math anxiety, math appreciation, gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v3i1.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar