PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DENGAN SETTING PEMBELAJARAN 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

KADEK YUDISTA WITRAGUNA ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. ., DR. GEDE SUWEKEN, M.Sc. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran berorientasi pemecahan masalah dengan setting pembelajaran 7E yang valid, praktis, dan efektif dengan karakteristik tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur pengembangan Plomp, yang meliputi: (1) preliminary research, (2) prototyping, dan (3) assessment. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Blahbatuh, dengan subjek penelitian disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respons guru dan siswa, tes prestasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi pemecahan masalah dengan setting pembelajaran 7E berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik buku siswa yaitu: (1) diawali dengan permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa; (2) aktifitas belajar berupa kegiatan diskusi kelompok; (3) soal latihan lebih menekankan pada permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari; (4) terdapat soal tantangan untuk mengembangkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah; dan (5) aktivitas belajar siswa dibuat berdasarkan proses pembelajaran berorientasi pemecahan masalah dengan setting pembelajaran 7E. Karakteristik buku petunjuk guru yaitu: (1) tahap pembelajaran sesuai dengan tahap pembelajaran berorientasi pemecahan masalah dengan setting pembelajaran 7E; (2) petunjuk pelaksanaan pembelajaran lebih menempatkan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran berkelompok; (3) setiap tahap pembelajaran memuat substansi buku siswa dan alternative jawaban; dan (4) menyediakan soal evaluasi yang dapat digunakan guru diakhir pembelajaran.
Kata Kunci : pemecahan masalah,model pembelajaran 7E,prestasi,berpikir kritis

This research is aimed to get learning devices oriented to problem solving with 7E learning setting which valid, practical, and effective with certain characteristics. This research is a design research using Plomp development procedure, including: (1) preliminary research, (2) prototyping, and (3) assesment. This research was implemented in SMA N 1 Blahbatuh, with subject of reseach is adjusted with the steps of the reseach. Instruments that were used are validation sheet, feasibility research sheet, questionnaires to get teacher’s and students’ responses, learning achievement test, and critical thinking ability test. The result of the research shows that the learning equipment oriented to problem solving with 7E learning model setting has good qualities of validity, practicality and effectiveness . The characteristics of student’s book are: (1) starting with problems close to the daily life of students; (2) learning activities through group discussions; (3) exercises more emphasis on problem close to the daily life; (4) there is exercises challenges to develop students' understanding in solving problems; and (5) of student's learning activities based on learning oriented on problem solving with 7E learning setting. The characteristics of the teachers guideline book are: (1) learning guideline based on the steps of learning oriented on problem solving with 7E learning setting; (2) the guides the implementation of learning more puts the teacher as a facilitator in the learning group; (3) each learning stage, contains the substance of students books and alternative answers; and (4) provide evaluation that can be used by teachers at the end of learning.
keyword : problem solving,7E Learning model,achievement,critical thinking



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v4i1.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar