PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NI MADE IDA AGUSTINI ., PROF.DR.PHILL. I GUSTI PUTU SUDIARTA, M. ., DR. GEDE SUWEKEN, M.Sc. .

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan sosial pada siswa SMP Negeri 1 Kuta Utara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Utara pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kecerdasan sosial dan tes prestasi belajar matematika. Data prestasi belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa, prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Jigsaw, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah dan kecerdasan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan sosial lebih tinggi, terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa, 4) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan sosial lebih rendah, terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw berbantuan masalah, prestasi belajar matematika, kecerdasan sosial

The research was a quasi experiment with 2 x 2 factorial design. The purpose of this research was to study the effect of assisted problems cooperative learning Jigsaw on mathematics achievement of eight grade students of SMP in terms of social intelligence. The population of this research was the students of VIII SMP Negeri 1 Kuta Utara in second semester in academic year 2013/2014. The samples of this research were determited by cluster sampling technique. Research instruments that used in this research were social intelligence questionnaire and mathematics achievement test. The data were analyzed by two ways varians and followed by Tukey test. The research showed that : (1) the assisted problem cooperative learning Jigsaw has a positive influence to the students mathematics achievement, students mathematics achievement who followed the assisted problem cooperative learning Jigsaw were better than the students who followed cooperative learning Jigsaw, (2) there is no interaction between problem cooperative learning Jigsaw model and social intelligence toward students mathematics achievement, 3) the student who has higher social intelligence, the assisted problem cooperative learning Jigsaw has a positive influence to the students mathematics achievement, 4) the student who has lower social intelligence, the assisted problem cooperative learning Jigsaw has a positive influence to the students mathematics achievement.
keyword : Cooperative Learning, Assisted Problems Jigsaw, mathematics achievement, social intelligence



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v4i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar