Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Standar Pemecahan Masalah NCTM Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik

NI WAYAN SRI WIDHYANTARI ., PROF.DR.I GUSTI PUTU SUHARTA,M.Si ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. .

Abstract


ABSTRAK

Sri Widhyantari, Ni Wayan. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Standar Pemecahan Masalah NCTM Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Widya Sakti Denpasar. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran yang berorientasi pada standar pemecahan masalah NCTM dan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada standar pemecahan masalah menurut NCTM yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari buku siswa dan buku petunjuk guru melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Widya Sakti Denpasar, dengan siswa kelas VII subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respons siswa dan guru, serta tes pemahaman konsep matematika.. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian adalah perangkat pembelajaran yang berorientasi Standar Pemecahan Masalah NCTM yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Adapun karakteristik buku siswa adalah (1) berisi peta konsep, (2) berisi tujuan pembelajaran, (3) berisi masalah-masalah kontekstual yang terkait dengan lingkungan siswa, (4) dilengkapi dengan gambar-gambar kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan garis dan sudut, (5) proses pengkonstruksian pengetahuan dan penemuan konsep-konsep didominasi oleh siswa. Karakteristik buku guru adalah (1) berisi tujuan pembelajaran dan KD, (2) berisi permasalahan, (3) berisi langkah pembelajaran di setiap bagian-bagian materi, (4) dilengkapi dengan RPP, (5) berisi alternatif jawaban dari kegiatan siswa. Karakteristik pembelajarannya adalah (1) membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah, (2) memecahkan masalah yang timbul dalam matematika dan dalam konteks lain, (3) menggunakan dan mengadaptasi berbagai strategi yang tepat untuk memecahkan masalah, (4) memantau dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika.
Kata Kunci : Pemecahan Masalah NCTM, pemahaman konsep matematika.

ABSTRACT

Sri Widhyantari, Ni Wayan. 2015. The Development of NCTM Problem Solving Standard Oriented Learning Set to Improve the Understanding of Mathematical Concepts of Denpasar Widya Sakti Junior High School’s Students. Thesis (unpublished). Singaraja: Mathematics Education Study Program, Postgraduate Program, Ganesha Education University.

This thesis has been corrected and reviewed by First Supervisor : Prof. Dr I Gusti Putu Suharta, M.Si. and Second Supervisor : Prof. Dr I Nengah Suparta, M.Si.

This study aims to determine the characteristics of the learning device oriented problem solving NCTM standards and to achieve a valid, practical and effective mathematic learning tools. The type of research is a design research. These developed learning devices consist of student’s book and teacher’s book which were developed through learning process with scienctific approach. The research was conducted at Denpasar Widya Sakti Junior High School where VII grade students were as its subject. The instruments used were validation sheet, observation sheet of learning set implementation, questionnaire of students and teachers’ response, and comprehension test of mathematical concepts. The collected data were analyzed descriptively.
The result of the research is a valid, practical, and effective NCTM problem solving oriented learning set. The characteristics of the student book are (1) it contains map concept, (2) contains learning objectives, (3) it contains contextual issues associated with the students’ environment, (4) it is completed with pictures of activity in daily life associated with the lines and angles (5) the construction process of knowledge and concepts discovery is dominated by the students. The characteristics of teacher’s book are (1) contains learning objectives and basic competencies, (2) contains issues, (3) contains steps of learning in every parts of the material, (4) it is completed with lesson plan, (5) it contains alternative answers of students’ activities. The characteristics of learning are (1) build new mathematical knowledge through problem solving, (2) solve problems that arise in mathematics and in other contexts, (3) apply and adapt a variety of appropriate strategies to solve problems, (4) monitor and reflect on the process of mathematical problem solving.
keyword : NCTM problem solving, mathematics concepts understanding.



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v4i1.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar