PENGARUH MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2013/2014

A.A PUTRI PRADNYAWATI ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD ., DR. I WAYAN SADRA, M.Ed. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pencapaian konsep, apakah lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kecemasan matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan “Group Faktorial 2x2”, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukawati dengan melibatkan sampel sebanyak 88 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data kecemasan matematika siswa diperoleh melalui kuesioner kecemasan matematika dan data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tukey. Dari hasil analisis data ditemukan (1) pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pencapaian konsep lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (Qhit = 3,03; α < 0,05), (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecemasan matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa (FAB = 24.569; α < 0,05), untuk siswa yang memiliki kecemasan matematika tinggi, pemahaman konsep matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pencapaian konsep (Qhit = 2,88; α < 0,05), dan untuk siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah, pemahaman konsep matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pencapaian konsep lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (Qhit = 7,17; α < 0,05).


Kata Kunci : Model Pencapaian Konsep, Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep Matematika

This study aimed at determine (1) whether the student’s comprehension of mathematical concepts who took the learning attainment concepts model was better than the student’s comprehension of mathematical concepts who took lessons with the conventional model, (2) interaction between learning model and student’s mathematics anxiety toward the comprehension of mathematical concepts. This was a quasi experimental study with draft "Group Factorial 2x2", which was implemented in SMP Negeri 2 Sukawati, involving a sample of 88 students. Selection of sample was conducted by cluster random sampling technique. Data of student’s mathematics anxiety was obtained by mathematics anxiety questionnaire and data of student’s comprehension of mathematical concepts was obtained through comprehension of mathematical concepts test. The data were analyzed using two-way analysis of variance, followed by Tukey's test. From the analysis of the data found that (1) the student’s comprehension of mathematical concepts who take the learning attainment concepts model is better than students who take lessons with the conventional model (Qhit = 3,03; α < 0,05), (2) there is interaction between learning model and student’s mathematics anxiety toward the comprehension of mathematical concepts (FAB = 24.569; α < 0,05), for the students who have high mathematics anxiety, the comprehension of mathematical concepts with conventional model is better than the students who take the learning attainment concepts model concepts (Qhit = 2,88; α < 0,05), and for the students who have low mathematics anxiety, the comprehension of mathematical concepts with learning attainment concepts model is better than the students who take the conventional model (Qhit = 7,17; α < 0,05).
keyword : Attainment Concepts Model, Mathematics Anxiety, Comprehension of Mathematical Concepts



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v4i1.1831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar