PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN TUGAS BERJENJANG TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK WIRA HARAPAN

NI PUTU MEINA AYUNINGSIH ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. ., PROF. DR. I MADE ARDANA, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah : (1) self efficacy matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang lebih baik atau tidak dari self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang lebih baik atau tidak dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang yang mendapat pembelajaran konvensional, (3) terdapat self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Wira Harapan Tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah anggota 637 orang yang terdiri dari kelompok pariwisata sebanyak 12 kelas dan kelompok TI sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik two stages cluster sampling. Data dalam penelitian ini adalah self efficacy matematika siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan uji-t 1 ekor untuk hipotesis 1 dan hipotesis 2, dan uji MANOVA untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : (1) self efficacy matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang lebih baik dari self efficacy matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan tugas berjenjang dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Treffinger, tugas berjenjang, self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

This study aimed at determining whether: (1) self efficacy of students who learned using the task-assisted Treffinger learning model graded is better or not than the student who learned in the conventional method, (2) mathematical problem solving ability of students who learned through the task-assisted Treffinger learning model graded is better or not than the student who were in the conventional method of teaching, (3) there are differences in mathematics self efficacy and problem solving skills ability simultaneously mathematics between students who learned with Treffinger assisted learning model graded assignments with students who got conventional method as the way of learning. This research is a quasi experimental design with posttest only control group design. The population of this study was all students of eleventh grade of SMK Wira Harapan in the academic year 2014/2015 consists of 637 students who are divided into some groups: 12 classes of tourism and 4 classes of IT. Sample was taken using two stages cluster sampling technique. The data of self efficacy mathematics students collected is using a questionnaire. The data mathematics problem solving ability of students which were gathered using a test the ability of solving mathematical problems. The data were analyzed descriptively by using t-test one-tailed for hypothesis 1 and hypothesis 2, while the third hypothesis using MANOVA. The data analysis showed that: (1) self efficacy between students who take mathematics learning model Treffinger aided graded assignment are better than mathematics self efficacy of students who take conventional learning (2) the ability of mathematical problem solving among students who take Treffinger assisted learning model graded task are better than the mathematical problem solving ability of students who take conventional learning, (3) self efficacy and problem solving skills among students who take mathematics learning model Treffinger aided graded task are better than the students who followed the conventional method of learning.
keyword : Model Treffinger assisted learning task tiered, self efficacy and mathematical problem solving ability students.



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v4i1.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar