Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa SMP Negeri 1 Cibal.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Pengaruh pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kemampuan numerik, dan 2) Pengaruh interaksi antara pendidikan matematika realistik dengan kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibal sebanyak 305 orang yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sebelum melakukan random terlebih dahulu uji kesetaraan kelas untuk memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan numerik. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava Dua Jalur. Sebelum digunakan uji anava dua jalur, data tersebut terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pendidikan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, nilai = 49,267 dan nilai = 3,94 pada taraf signifikan 5%, dan 2) Tidak terdapat interaksi antara pendidikan matematika realistik dengan kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, nilai
Kata Kunci : Numerik, Pemecahan Masalah Matematika, Realistik
This research aimed at investigating; 1) the effect of Realistic Mathematics Education (RME) on mathematical problem solving ability of students viewed from numerical ability; 2) interaction between Realistic Mathematics Education with numerical ability on mathematical problem solving ability of students.
This research was quasi experiment and employed 2 x 2 factorial design. he population of this research consisted of 305 students from eight classes of the eighth grade of SMP Negeri 1 Cibal. The sample in this research were selected through random sampling technique, in which class equality test was taken before randomizing to choose two experiment classes and two control classes. The instruments of this research were mathematical problem solving ability test and numerical ability test. The data were analyzed through 2-Ways ANAVA. Before employing 2-ways ANAVA, the data were tested through analysis requirement test. The results indicate that; 1) mathematical problem solving ability of students taught through Realistic Mathematics Education (RME) is better than students taught through conventional method, wherein = 49,267 and = 3,94 on the significant level is 5%; 2) There is no interaction between Realistic Mathematics Education (RME) with numerical ability on mathematical problem solving ability of students, where in .
keyword : Numerical, Mathematical Problem Solving, Realistic
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibal sebanyak 305 orang yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sebelum melakukan random terlebih dahulu uji kesetaraan kelas untuk memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan numerik. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava Dua Jalur. Sebelum digunakan uji anava dua jalur, data tersebut terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pendidikan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, nilai = 49,267 dan nilai = 3,94 pada taraf signifikan 5%, dan 2) Tidak terdapat interaksi antara pendidikan matematika realistik dengan kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, nilai
Kata Kunci : Numerik, Pemecahan Masalah Matematika, Realistik
This research aimed at investigating; 1) the effect of Realistic Mathematics Education (RME) on mathematical problem solving ability of students viewed from numerical ability; 2) interaction between Realistic Mathematics Education with numerical ability on mathematical problem solving ability of students.
This research was quasi experiment and employed 2 x 2 factorial design. he population of this research consisted of 305 students from eight classes of the eighth grade of SMP Negeri 1 Cibal. The sample in this research were selected through random sampling technique, in which class equality test was taken before randomizing to choose two experiment classes and two control classes. The instruments of this research were mathematical problem solving ability test and numerical ability test. The data were analyzed through 2-Ways ANAVA. Before employing 2-ways ANAVA, the data were tested through analysis requirement test. The results indicate that; 1) mathematical problem solving ability of students taught through Realistic Mathematics Education (RME) is better than students taught through conventional method, wherein = 49,267 and = 3,94 on the significant level is 5%; 2) There is no interaction between Realistic Mathematics Education (RME) with numerical ability on mathematical problem solving ability of students, where in .
keyword : Numerical, Mathematical Problem Solving, Realistic
DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2129
Refbacks
- There are currently no refbacks.