Pengembangan Perangkat Blended Learning untuk Meningkatkan Disposisi Matematika Siswa Kelas X SMA.

I MADE KARIADI ., DR. GEDE SUWEKEN, M.Sc. ., PROF.DR.I GUSTI PUTU SUHARTA,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik perangkat pembelajaran dan karakteristik pembelajaran blended learning pada pokok bahasan trigonometri yang berkualitas valid, praktis, dan efektif yang dapat meningkatkan disposisi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa Buku Siswa, Buku Petunjuk Guru yang memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Media Online berupa Website. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kuta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respons siswa dan guru, dan angket disposisi matematika. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran blended learning pada pokok bahasan trigonometri yang berkualitas valid, praktis, dan efektif, dalam arti dapat meningkatkan disposisi matematika siswa. Adapun karakteristik perangkatnya adalah : (1) berisi petunjuk penggunaan buku; (2) standar kompetensi; (3) kompetensi dasar; (4) indikator; (5) tujuan pembelajaran; (6) tugas kelompok yang dikerjakan pada pembelajaran online dan offline; (7) latihan soal yang diberikan sifatnya untuk menguatkan konsep yang telah dipahami siswa; serta (8) kunci jawaban disesuaikan dengan permasalahan yang ada pada buku siswa. Sedangkan karakteristik pembelajarannya adalah: (1) menggunakan pengetahuan awal; (2) belajar aktif; (3) mengkonstruksi konsep; (4) interaksi sosial; serta (5) pembelajaran online dan offline.

Kata Kunci : blended learning, disposisi matematika

The aim of the research is to determine the characteristics of learning and blended learning tools on the trigonometry subject of the quality valid, practical, and effective to improve the disposition of mathematics. The type of research is design research. In this research, a learning device in the form of books Student, Teacher handbook contained with lesson plans and online media in the form of a Website. The subjects that used in this study was adapted to the research stages. Which taking the data that used purposive sampling technique. This research was conducted at SMA Negeri 2 Kuta. The data colected methods are used such as observation and questionnaire methods. The instrument is used : the validation sheet, observation sheets as enforceability of study, questionnaire as responses of students and teachers, and questionnaire disposition mathematic. The data have been collected by using descriptive processed.
The results of the research is the blended learning on the subject of quality trigonometry that are validty, practically, and effectively, in the sense to improve students' mathematical disposition. The characteristics of the device was: (1) containing instructions for using the book; (2) standards of competence; (3) the basic competence, (4) the indicator; (5) the learning objectives, (6) giving tasks task group worked on learning online and offline; (7) giving exercises to reinforce the concept that nature has to understand students; and (8) adapting to answer the key problems that exist in the student book. While the characteristics of learning were: (1) using prior knowledge; (2) active learning; (3) constructing concepts; (4) social interaction; and (5) learning online and offline.
keyword : blended learning, disposition of mathematic



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar