Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Apresiasi Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP N 4 Kuta Selatan

PUTU YULI SUWASTINI ., DR. I WAYAN SADRA, M.Ed. ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. .

Abstract


ABSTRAK
Yuli Suwastini, Putu (2016), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Apresiasi Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP N 4 Kuta Selatan. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Sadra, M.Ed. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si.

Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, apresiasi matematika, pemahaman konsep matematika.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 2x2. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan ANAVA 2 jalur dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. 2) Ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran kontekstual dengan apresiasi matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematika.. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 4 Kuta Selatan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 449 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah 148 orang. Data pemahaman konsep matematika diperoleh dengan tes pemahaman konsep matematika, sedangkan data apresiasi matematika diambil dengan menggunakan angket apresiasi matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini terlihat dari pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran kontekstual dengan apresiasi matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematika.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Apresiasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika.

ABSTRACT
Yuli Suwastini, Putu (2016), The Influence Of Contextual Teaching And Learning Design Toward Mathemathics Concept Understanding In Terms Of Mathemathics Appreciation in seventh grade of SMP N 4 Kuta Selatan. Thesis, The Mathemathics Education, PostGraduated Program, Ganesha University Of Education.

This thesis has been approve and corrected by the Supervisor I : Dr. I Wayan Sadra, M.Ed. and the Supervisor II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si.

Key Words : Contextual Teaching And Learning Model, Mathemathics Appreciation, Mathemathics Concept Understanding.

This research was a quasi experimental research which used factorial 2x2 design. The data were analysis by two-way varians analysis with 5% level of significance. This study is aimed at knowing : 1) The influences of contextual teaching and learning model toward student’s mathemathics concept understanding. 2) Interaction between contextual teaching and learning model and student’s mathemathics appreciation levels toward student’s mathemathics concept understanding. The population of this reseach was all of seventh grade students of SMP N 4 Kuta Selatan in the academic year 2015/2016 which consisted of 449 students. The sample was taken using cluster sampling thecnique. The data of mathemathics concept understanding were collected by using test of mathemathics concept understanding, while the data of student’s mathemathics appreciation levels were taken by questionaire. Based on data analysis, the result of the research showed: 1) There was an influence of contextual teaching and learning model toward student’s understanding on mathemathics concept. It was showed that the student’s mathemathics concept understanding who joined contextual teaching and learning model was better than the one who joined conventional model. 2) There was no interaction between contextual teaching and learning model and student’s mathemathics appreciation levels toward student’s mathemathics concept understanding.

keyword : Contextual Teaching And Learning Model, Mathemathics Appreciation, Mathemathics Concept Understanding.



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.2208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar