PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 UBUD

NI WAYAN YUNIK WIDIA ASTUTI ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 ubud. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) yang dilaksanakan di SMPN 3 Ubud dengan melibatkan seluruh siswa kelas VIII yang totalnya 264 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas serta memiliki sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang totalnya 99 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika. Data yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan uji-t yang didasarkan pada perbedaan rata-rata kedua kelompok dengan taraf signifikansi pengujian ditetapkan sebesar dan ANAVA satu jalur yang didasarkan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara setiap individu populasi dengan taraf signifikansi pengujian sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang menggunakan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dan yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 3 Ubud. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 3 Ubud. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang menggunakan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dan yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Negeri 3 Ubud. (4) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih baik dari pada model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : model pembelajaran ARIAS, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajara matematika siswa.

The research aimed to find out the influences of ARIAS learning and Problem Based Learning model to the Mathematic achivevement of the 8th grade students of SMP Negeri 3 Ubud. The study was a quasi experiment conducted at SMP Negeri 3 Ubud which covered all the 8th grade students. The total number of the students are 264 people divided into 8 classes. This study only used 3 classes as the sample of the study totally consisted of 99 students. The sample was carried out through random sampling technique. The instruments used in this research were pre-test and post-test. The data obtained were analyzed using t-test with significance level in the amount of 0,05 based on the mean value difference of two groups and one way ANAVA with a 5% significance level to find out whether there was the difference between each individual of the population or not. The study found out that there was the difference in mathematic achievements of 8th grade students using ARIAS learning and conventional learning model at SMP Negeri 3 Ubud. Moreover, there was also the difference in mathematic achievements of 8th grade students using problem based learning and conventional learning model at SMP Negeri 3 Ubud. The distinction was also discovered in mathematic achievements of 8th grade students using ARIAS Learning and problem based learning model at SMP Negeri 3 Ubud. Finally, the mathematics achievements of 8th grade students who applied ARIAS learning were better than using problem based learning and conventional learning.
keyword : ARIAS learning, problem-based learning, achievements in Mathematics.



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v6i2.2373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar