EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

L. G. W. Udayani, Sariyasa Sariyasa, I M Ardana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Osborn dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 69 siswa dan tersebar ke dalam 3 kelas. Sampel dipilih sebanyak 46 siswa dengan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes uraian. Analisis data menggunakan uji t satu skor dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai thitung = 2,428 dengan ttabel = 2,015 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Osborn lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Osborn efektif dalam meningkatkan  prestasi belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: model pembelajaran Osborn, pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika

 

Abstract

The research is aimed at determine the effectiveness of the Osborn learning model in improving student’s mathematics learning achievement. The research used post test only control group design. The population of this research is students of class XI MIA SMA Negeri 1 Sukasada on academic year 2018/2019 which are 69 student and divided into 3 classes. The sample of the research selected as much 46 students by cluster random sampling technique. The data of student’s learning achievement in mathematics is obtained through a description test. The one-tailed t test with 5% significance level is used for analysing the data. The result of test is tcount = 2,428 with ttable = 2,015 so H0 is rejected. it can be concluded that student’s learning achievement in mathematics who followed the learning with Osborn learning model is better than the student’s learning achievement in mathematics who learn with conventional learning. So it means the Osborn learning model is effective in improved student’s mathematics learning achievement.

 

Keywords: conventional learning, learning achievement in mathematics, Osborn learning model

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar