PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FAN-N-PICK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGARAJA

M. K. S NUGRAHA, D WALUYO, P. W ARIAWAN

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Fan-N-Pick berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan post-test only group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Uji kesetaraan sampel menggunakan uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A1 dan Kelas VIII A5 sebagai kelompok eksperimen serta siswa Kelas VIII A9 dan Kelas VIII A4 sebagai kelompok kontrol. Data tentang kemampuan koneksi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian kemampuan koneksi matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Pada kelas unggulan hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 3.862 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1.671 dan pada kelas non unggulan hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 6.054 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1.671  . Ini artinya, kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif Tipe Fan-N-Pick berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari kemampuan matematis siswa yang mengikuti pembelajran konvensional.

 

Kata Kunci :     Model Pembelajaran Kooperatif tipe Fan-N-Pick Berbantuan Video Pembelajaran, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.

ABSTRACT

               This research aims to determine whether the students’ mathematical connection ability which learn with model cooperative learning type Fan-N-Pick aided learning video was higher than the students mathematical connection ability that learn by conventional learning. This research is a quasi-experiment research with post-test only group design. The population in this research was the students of SMP Negeri 1 Singaraja in the second semester of academic year 2017/2018. The sample of this research was determined by cluster random sampling technique. The process of equaliting the sampel was done by using t-test. The sample in this research was the  students of Class VIII A1 and Class VIII A5 as experimental group and students of Class VIII A9 and Class VIII A4 as control group. Data on students' mathematical connection capability was obtained through a mathematical connection capability test. Data were analyzed by using t-test of one tail (right tail) at 5% significance level. In the superior class, the result of analysis shows that tcount = 3.862 with significance level of 5% obtained ttable = 1.671 and in non-superior class analysis result show that tcount = 6,054 with significance level 5% obtained ttable = 1.671. This means that the students' mathematical connection ability which were taught with model cooperative learning type Fan-N-Pick aided learning video was higher than the students mathematical connection ability that learn by conventional learning.

Keywords  :      Model Cooperative Learning Type Fan-N-Pick Aided Learning Video, Conventional Learning, Students Mathematical Connection Ability.





DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar