PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN SETTING KOOPERATIF BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran RESIK(Realistik Dengan Setting Kooperatif) Berbantuan LKS Terstruktur dan (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran RESIK Berbantuan LKS Terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Kediri sebanyak 36 orang siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Pengumpulan data pemahaman konsep matematika siswa pada penelitian ini menggunakan tes uraian, dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan optimal terjadi pada siklus III dengan rata-rata skor 77,93 dan ketuntasan belajar 83,33%. Peningkatan yang optimal pada siklus III terjadi karena, (1) guru melakukan kegiatan tanya jawab sehingga siswa dapat memberikan alasan atas jawaban yang disampaikan, (2) guru memberikan penjelasan kembali terkait konsep yang belum dipahami oleh siswa, (3) memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan kepada siswa dan memberikan tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah agar siswa lebih mudah memahami konsep matematika.(4) Pembelajaran menggunakan masalah kontekstual yang diangkat pada awal pembelajaran. Selain itu tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran RESIK Berbantuan LKS Terstruktur ditinjau dari rata-rata skor tanggapan siswa sebesar 52,55 berada dalam kategori sangat positif.
Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, model pembelajaran RESIK berbantuan LKS Terstruktur, tanggapan siswa
This study is conducted to determine: (1) the improvement of students’ comprehension of math concepts through the implementation of RESIK (Realistic With Cooperative Setting) learning model assisted by Structured LKS and (2) students’ responses toward the implementation of RESIK learning model assisted by Structured LKS. This kind of study is a classroom activity research that conducted in three cycles. The subjects were 36 students of X Mathematics 2 class at SMA Negeri 1 Kediri in the first semester of 2018/2019. The data collection of this study using an essay test, and student responses were collected using a questionnaire. The collected data is analyzed descriptively. The result shows that the significant enhancement arises in third cycle with an average score of 77, 93 and 83.33% completeness of learning. This significant enhancement is arose by several things, (1) teacher conducting a question and answer activity that encourages students to give reasonable argument toward their answer, (2) the teacher retells related concepts that have not been understood by the students, (3) the teacher provides stimulus questions and give individual homework to make the students understand the mathematical concepts better.(4) Learning uses contextual problems that are raised at the beginning of learning
In addition, the average score of students’ responses toward the implementation of RESIK assisted by Structured LKS is 52.55 which belong to positive category.
Keywords: Comprehension of mathematical concepts, RESIK learning model assisted by Structured LKS, students’ responses
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2849
Refbacks
- There are currently no refbacks.