PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI MASALAH REALISTIK UNTUK MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Dewa Made Mertayasa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupaperangkat pembelajaran matematika berorientasi masalah realistik untuk modelpembelajaran peningkatan kemampuan berpikir sebagai upaya meningkatkan hasilbelajar matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitianpengembangan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah ahli, guru, dansiswa kelas VIIIA2 SMP Negeri 2 Sawan. Data penelitian dikumpulkan melaluilembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket, dan tes. Data yang telahterkumpul dianalisis secara deskriptif. Perangkat pembelajaran yangdikembangkan meliputi: buku siswa, buku petunjuk guru, dan rencanapelaksanaan pembelajaran. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tigaaspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Validitas perangkatpembelajaran didasarkan atas pendapat validator, kepraktisan didasarkan atasketerlaksanaan, respons guru dan siswa, dan keefektivan didasarkan atas hasilbelajar matematika siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikutiprosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap, yaitu:(1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, danrevisi; dan (5) implementasi. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanyasampai menghasilkan produk final dan tidak dilakukan implementasi secara luas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaranmatematika ini telah valid, praktis, dan efektif yang memiliki karakteristik sebagaiberikut. Buku siswa memiliki karakteristik: (1) berorientasi pada masalahmatematika realistik, (2) disusun secara sistematis, (3) melatih kemampuan siswadalam memecahkan masalah matematika, dan (4) menghantarkan siswa padapenemuan kembali konsep-konsep matematika. Buku petunjuk guru memilikikarakteristik: (1) memberikan gambaran mangenai keruntutan materi, (2)memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran, dan (3) dilengkapidengan penyelesaian tugas/latihan dan tidak lanjut. Rencana pelaksanaanpembelajaran memiliki karakteristik: (1) disusun sesuai dengan tahapanpembelajaran dari model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan (2)mengembangkan kemampuan berpikir matematis siswa.

Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran matematika, perangkat pembelajaranmatematika berorientasi masalah realistik, model pembelajaranpeningkatan kemampuan berpikir, hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v1i1.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar