PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI DISCOVERY INQUIRY POKOK BAHASAN “LINGKARAN†UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppm.v1i1.416Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaranpokok bahasan â€Lingkaran†berorientasi discovery inquiry, yang valid, praktis, danefektif. Perangkat ini terdiri atas media pembelajaran, LKS, dan Buku PeganganGuru (BPG). Pengembangannya mengikuti prosedur pengembangan Plomp (2010),yang melewati tahapan: (1) investigasi awal, (2) perancangan dan realisasi, dan (3)uji coba dan penilaian. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswakelas VIIIA2, VIIIA3, dan VIIIA5 SMP Negeri 1 Singaraja.Produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dankeefektifan. Karakteristik dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah: (1)media pembelajaran: mendukung sebagian besar konsep â€Lingkaran†di SMP,dapat diotak-atik dan mudah dioperasikan, digunakan untuk peragaan, eksperimen,dan konfirmasi dalam pembelajaran, (2) LKS: dominan memuat persoalan yangberhubungan dengan praktik, menuntun siswa dalam melakukan penyelidikan dalamrangka menemukan dan membangun konsep, prinsif, maupun formula, saranapelaksanaan ekslporasi, elaborasi, dan konfirmasi dalam pembelajaran, (3) BPG:sebagai panduan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasidiscovery inquiry, memuat jawaban standar atas permasalahan dalam LKS.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, discovery inquiry, aktivitas, hasil belajar.