PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MICROSOFT EXCEL YANG BERORIENTASI TEORI VAN HIELE PADA BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA. Media pembelajaran dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima fase yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai fase tes, evaluasi, dan revisi sehingga hasilnya berupa prototipe final dari media pembelajaran yang siap diujicobakan lebih luas.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran merupakan media yang memperhatikan tingkat berpikir siswa dan membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika. (2) Media pembelajaran dikembangkan melalui prosedur berikut, investigasi awal; desain; realisasi/konstruksi; tes, evaluasi, dan revisi. (3) Media pembelajaran adalah valid, praktis, dan efektif. (4) Pengembangan media pembelajaran meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran matematika di Kelas X SMA khususnya bahasan Trigonometri menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA. Selain itu, media pembelajaran yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi praktisi dan guru, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan, baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran berbasis komputer, media pembelajaran dengan Microsoft Excel, dan pembelajaran berorientasi teori Van Hiele.
ABSTRACT
This research was aimed to develope computer assisted learning by using Microsoft Excel based on Van Hiele theory in Trigonometry of Senior High School grade X. The development of this learning media followed the procedure proposed by Plomp which has five phases: (1) preliminary investigation; (2) design; (3) realization/construction; (4) test, evaluation and revision; (5) implementation. As a matter of fact, this research was conducted until phase test, evaluation and revision so that the result was until in the form of final prototype and ready to be implemented in wider area.
The results showed as follows. (1) Learning Media is the media attention to the level of student thinking and help students in solving mathematical problems. (2) Media learning developed through the following phases, preliminary investigation; design; realization/construction; test, evaluation, and revision. (3) Learning media is valid, practical, and effective. (4) Development of learning media to improve achievement and student motivation to learn mathematics.
Based on the result of this research, it was suggested that the teaching and learning math in Senior High School grade X, especially Trigonometry material to use assisted learning media by using Microsoft Excel based on Van Hiele theory. Moreover, the developing media in this research could be used as an example for practitioner and teacher in developing their learning media which is in line with the characteristics and the process for obtaining good quality of the media.
Key words: computer assisted learning, learning media by using Microsoft Excel, and learning based on Van Hiele theory.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v1i2.445
Refbacks
- There are currently no refbacks.