PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII
Abstract
ABSTRAK
Kata kunci: perangkat pembelajaran geometri, GeoGebra, keterlibatan, prestasi belajar
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran geometri berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa SMP kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa, buku petunjuk guru, dan media pembelajaran yang dibuat dengan software GeoGebra. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap (4) sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu perangkat pembelajaran yang siap diimplementasikan lebih luas.
Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan validitas buku siswa dalam kategori valid, buku petunjuk guru dalam kategori sangat valid, dan media pembelajaran dalam kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diukur dengan dengan respons guru dan respons siswa. Berdasarkan hasilnya, perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran berkaitan dengan prestasi belajar matematika siswa dan keterlibatan siswa. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan keterlibatan siswa berada pada kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, efektivitas perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.
Berdasarkan hasil uji coba tersebut, disarankan agar pembelajaran geometri di kelas VII menggunakan perangkat pembelajaran geometri berbantuan GeoGebra. Selain itu, perangkat pembelajaran yang telah berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkannya baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk melihat kualitas perangkat pembelajaran.
ABSTRACT
Key words: geometry teaching learning materials, GeoGebra, engagement, students’ achievement
The aims of this study are to develop a valid, practical, and effective geometry teaching learning materials using GeoGebra for the seventh grade student. In this study student’s handbooks, teacher’s instructional guide, and teaching media were developed. Plomp’s development procedure is applied to develope teaching learning materials which consist of five stages, namely: (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. However, this development was conducted until the forth stage so that the result of the study is in the form of final prototype, which is ready to be implemented in wider area.
Based on the results found during the try out, the geometry teaching learning materials being developed is found to be valid, effective, and practical to be used. The result of validation process revealed that the student’s handbooks was categorized as a valid, teacher’s instructional guide was categorized as a very valid, and media teaching was categorized as a valid. Practicality of teaching learning materials are measured using teacher and students responses. Based on the results, the material turns out to be practical. Effectiveness of teaching learning materials are measured using students’ achievement in learning math and students’ engagement in learning math. Based on the result of the test it revealed that standard score in math was achieved and students’ engagement in learning math was also high.
Considering the good result of the try out, it is suggested that the geometry teaching learning materials develoved by using GeoGebra should be implemented in teaching mathematics in the seventh grade. Moreover, teaching learning materials that have been successfully developed in this study, can be used as a guidelines by teachers to develop teaching learning mathematics suitable with the characteristic of the instructional both in term of developing procedures and process to see the quality of the teaching learning materials.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v1i2.448
Refbacks
- There are currently no refbacks.