MENGGALI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN MAGOAK-GOAKAN DESA PANJI KECAMATAN SUKASADA SEBAGAI SUMBER BAHAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

I Nyoman Tri Esaputra, I Made Pageh, Tuty Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan; Untuk mengetahui latar belakang sejarah permainan           magoak-goakan, Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan magoak-goakan, Untuk mengetahui bentuk pengintegrasian permainan magoak-goakan ke dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menentukan tiga lokasi penelitian, yaitu, Pura Pajenengan, Banjar Dauh Pura Desa Panji, dan SMP Negeri 4 Singaraja. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan teknik pengumpulan data yakni, wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) permainan magoak-goakan merupakan strategi Gusti Ngurah Panji Sakti untuk mempersatukan suara rakyat dalam usahanya berperang melawan kerajaan Blambangan; (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan magoak-goakan yakni: nilai disiplin, nilai kerjasama, nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, dan nilai komunikatif; (3) Adapun strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam permainan magoak-goakan ke dalam pembelajaran IPS adalah dengan meninjau silabus, menentukan KD yang relevan, memilih topik pada buku ajar yang relevan, menyusun RPP mengaplikasikan permainan magoak-goakan sebagai sumber belajar. 

 

Kata Kunci:nilai karakter, permainan magoak-goakan, pendidikan IPS


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. dan Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta. Pustaka Jaya

Budi, Udik Wibowo, 2010. Pendidikan dari Dalam: Strategi Alternatif Pengembangan Karakter. Diambil dari Jurnal Dinamika Pendidikan No. 01/Th.XVI/Mei 2010

Danandjaja, James, 2002. Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, dongeng, dan lain lain. Jakarta Pustaka Utama Grafiti

Departemen Pendidikan Nasional, 2010. Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Direktoral Jendral Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, Soleh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Kemendikbud .2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Khan, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Koentjaraningrat, 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Djambata

Kumbara, A.A. Ngurah Anom, 2012. Wacana Antropologi: Membaca Ulang Teks Kebudayaan Menuju Tranformasi Diri dalam Multikulturalisme. Denpasar: Pustaka Larasan

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kurniasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Lagulung, Hasan, 2000. Asas-asas Pendidikan. Jakarta: Al-Husnah

Muchtar, Suwarma. 2001. Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri

Muhtadi, Ali, 2010. Strategi Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Efektif di Sekolah. Diambil dari Jurnal Dinamika Pendidikan No. 01/Th.XVI/september 2014

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter menjawab tantangan krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. TH. III, No. 2. Hal. 10 https://journal.uny.ac.id . Diakses pada 2 September 2017

Panji, I Gusti Ngurah, 1956. Sejarah Buleleng. Pemerintah Kabupaten Buleleng: UPTD Gedong Kirtya.

Purwadi. 2009. Folklor Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka

Qoyyimah, Nurul. 2016. Penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok di RA. Baitul Muta'allim. Volume 4. No. 2. Hal. 11 https://ejournal.undiksha.ac.id. Diakses pada 2 September 2017.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya

Sihabuddin, Rabad, 2006. Indahnya Pelangi Dalam Kesadaran Multikultur Masyarakat Indonesia. Direktorat Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Soemantri, Muhammad Numan, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana-UPI dan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial- UPI

Sudrajat. 2015. Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD among siwi, panggungharjo, sewon, bantul. JIPSINDO No 1 Volume 2. Hal. 1 https://journal.uny.ac.id . Diakses pada 2 September 2017

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supada, I Nyoman Buda. 2012. Tradisi Magoak-goakan di Desa Pakraman Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (Analisis Bentuk, Fungsi, dan Makna). https://download.portalgaruda.org/article. Diakses pada 2 September 2017

Supardi, 2011. Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Sutopo, 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Suyeni, Putu Winda, dkk. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Magoak-goakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Volume 4. No. 2. Hal. 10 https://ejournal.undiksha.ac.id . Diakses pada 2 September 2017

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Windhu, Ida Bagus Oka. 1986. Permainan Rakyat Daerah Bali. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah

Yunus, 1981. Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Daerah.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.