REKONSTRUKSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENINGGALAN PURBAKALA DI DESA PAKRAMAN SELULUNG, KINTAMANI, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi jenis peninggalan purbakala yang ada di Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli, (2) Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung, (3) Menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS di SMP, dan (4) Menganalisis cara pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam peninggalan purbakala dalam perangkat pembelajaran IPS di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah, yakni penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data, istrumen penelitian, metode pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil temuan: (1) Jenis peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung adalah Punden Berundak, Arca Megalitik, Menhir, Hiasan Tanduk Kerbau, Batu Alam, Lempengan Batu, kerang, Arca bercorak Tiongkok, Arca Hindu, Arca Perunggu, Lingga Yoni, Gamelan Kuno, dan batu berbentuk roda. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala adalah karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif dan inovatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gotong royong, hormat, peduli lingkungan, tanggung jawab, berani mengambil resiko, tangguh, terbuka, ramah dan luwes, moderat, dan seni. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala dapat diaplikasikan sebagai sumber belajar IPS di SMP kelas VII pada standar kompetensi memahami lingkungan kehidupan manusia dan kompetensi dasar mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala diintegrasikan ke dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS ke dalam aspek tujuan, indikator, materi, strategi dan metode, langkah-langkah, dan penilaian pembelajaran.
Kata Kunci: Peninggalan purbakala, Karakter, Perangkat Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Astawa, A. A. Gede Oka. 2005. Sumber Daya Arkeologi di Situs Jero Agung Bedulu Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya. Dalam Khasanah Arkeologi: Pemanfaatan Sumberdaya Arkeologi. (Ed. I Made Sutaba). Denpasar: Ikatan Ahli Arkeologi Komda Bali, Balai Arkeologi. Halaman: 1-16
Atmadja, N.B. 2010. Ajeg Bali: Gerakan, Identitas Kultural, dan Globalisasi. Yogyakarta: LKiS
Hasan, S. Hamid. 1995. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Laksmi, dkk. 2011. Cagar Budaya Bali: Menggali Kearifan Lokal Dan Model Pelestariannya. Denpasar: Udayana University Press
Lubis, Mochtar. 1993. Budaya, Masyarakat Dan Manusia Indonesia. Jakarata: Yayasan Obor Indonesia
Muchtar, Suwarma Al. 2001. Epistimologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Mulyasa, H. E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. (Ed. Dewi Ispurwati). Jakarta: Bumi Aksara
Nordholt, H.S. 2005. “Bali: Sebuah Benteng Terbuka”. Pengantar dalam Bali: Narasi Dalam Kuasa Politik dan Kekerasan di Bali. Yogyakarta: Ombak.
Pitana, I Gde. 1994. “Mosaik Masyarakat dan Kebudayaan Bali”. Dalam Dinamika Masyarakat Dan Kebudayaan Bali (Editor: I Gde Pitana). Denpasar: Ofset BP. Halaman: 3-16
Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter (Refleksi dan Proposal Solusi Terhadap KBK dan KTSP). (Ed. Umi Athelia Kurniawati). Jakarta: Prestasi Pustaka
Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prastyo. 2002. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Ed. Rina Tyas Sari. Yogyakarta: Ar-Puzz Media
Somantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suantika, W. 2002. Bukti-Bukti Kehidupan Purba Pada Beberapa Lokasi Di Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Dalam Forum Arkeologi. Denpasar: Balai Arkeologi Denpasar. Halaman 12-26
Sujana, Nyoman Naya. 1994. “Manusia Bali Di Persimpangan Jalan”. Dalam Dinamika Masyarakat Dan Kebudayaan Bali (Editor: I Gde Pitana). Denpasar: Ofset BP. Halaman: 45-71
Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter (Dilengkapi Cara Menyusun dan Contoh Dokumen KTSP, Silabus, RPP Integrasi Nilai Budaya dan Karakter Bangsa). Ed. M. Safrudin. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama
Susila, I Wayan, dkk. 2007. Laporan Studi Teknis Pura Miyu dan Pura Candi Desa Selulung, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Denpasar: Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Provinsi Bali, NTB, dan NTT
Sutaba, I Made. 1980. Beberapa Catatan Tentang Tradisi Megalitik Di Bali. Dalam Pertemuan Ilmiah Arkeologi. Jakarta: Offset PT Rora Karya. Halaman 27-37
Sutedja, I Wayan dan I Wayan Muliarsa. 1990. Laporan Pengumpulan Data Kepurbakalaan Di Desa Selulung dan Sekitarnya. Gianyar: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bali-NTB-NTT-TIMTIM
Tilaar, H.A.R. 1999. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Widja, I Gde. 2001. Menengok Kembali Studi Sejarah Lokal dalam Era Globalisasi. Dalam Jurnal Candra Sangkala Edisi Khusus. Singaraja: Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP Negeri Singaraja. Halaman: 1-7
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zuchdi, Damiyanti, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran dan Perkembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.