PEMANFAATAN MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS

I Wayan Witama, I Gede Astra Wesnawa, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg dengan tujuan: (1) mengkaji motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. (2) menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan rancangan eksperimen semu  The Posttest-Only Control Group Design dengan menetapkan sampel dua kelas sebagai sampel kelas control dan kelas treatment yang telah disetarakan sebelumnya. Data motivasi dikumpulkan dengan kuesioner skala 5 dan data hasil belajar dikumpulkan dengan memberikan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector  ( t hitung = 9,209, P < 0,05). Motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 85,6) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata =74,8). (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector ( t hitung = 3,992, P < 0,05). Hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 11,9) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata = 8,3). Implikasi hasil penelitian adalah penggunaan media SIG dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPS di SMP terutama dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Motivasi, Hasil belajar IPS, Media Sistem Informasi Geografis (SIG


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gralindo Persada.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Bovee. Courland. 1997. Business Communication Today. Prentice Hall: New York.

Burrough, P. A. 1986. Principles Of Geographical In formation System For Land Resources Assement. Buttler and Tanner Ltd, Frome and London. Great Britain.

Dantes, Nyoman. 2011. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja : Undiksha Press.

Hamalik,Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Haryati. 2014. ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Palu” jurnal.untad.ac.id > jurnal > article > view (diakses tanggal 28 Desember 2007).

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kosasih, H. Djahri, 1994. Buku Pedoman Guru Pengajaran IPS. Jakarta: Departemen P dan K

Nurahman, Ahmad. 2016. “ Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium (Percontohan) Universitas Pendidikan Indonesia” repository. upi. edu> S_PEA_ 1003174_C… (Diakses tanggal 28 Desember 2017)

Nuryanto, Apri. 2012. Materi Media Pembelajaran. Yogyakarta: UNY

Suhana, Cucu. 2004. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama

Suwarma, AL.Mucthar, 1991. Pengembangan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.