TRADISI NAMPAH BATU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 5 KUBUTAMBAHAN

I Made Deta Barry Suhartawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui alasan penggunaan batu sebagai sarana utama dalam tradisi nampah batu, 2) mengetahui prosedur  tahapan dan proses ritual tradisi nampah batu di desa pakraman Depeha, 3) mengetahui nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin,   nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang terkandung dalam ritual tradisi nampah batu berdasarkan kurikulum 2013, 4)  memahami pengintegrasian tradisi nampah batu  di Desa  Depeha ke dalam RPP di SMP Negeri  5 Kubutambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian  dilaksanakan di Desa Depeha, tepatnya di SMP N 5 Kubutambahan, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data penelitian selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) tradisi   nampah batu  merupakan simbol tanda penghormatan  terhadap leluhur  yang bermakna positif terkait kehidupan manusia, 2) Pelaksanaan tradisi nampah batu dilaksanakan  pada purnama karo  yang bertepatan pada bulan agustus, 3) Terdapat 6 nilai karakter yaitu nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin, nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang tercermin dan terepresentasikan pada tradisi nampah batu, 4)  Pengintegrasian  nampah batu dapat dipresentasikan kedalam nilai-nilai karakter yang berpedoman pada pegangan hidup.

 

Kata kunci:  Tradisi Nampah Batu, Nilai-nilai Karakter dari Tradisi Nampah, Pengayaan Sumber Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Agung, Gede A.A. Tri Hita Karana Wujud Komunikasi Keluarga Semesta Dalam Perspektif Bali Kosmos. Universitas Pendidikan Ganesha.

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta .

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Konstektual ( Constektual Teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Wardhana, Yana. 2010. Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.