TRADISI NAMPAH BATU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 5 KUBUTAMBAHAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui alasan penggunaan batu sebagai sarana utama dalam tradisi nampah batu, 2) mengetahui prosedur tahapan dan proses ritual tradisi nampah batu di desa pakraman Depeha, 3) mengetahui nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin, nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang terkandung dalam ritual tradisi nampah batu berdasarkan kurikulum 2013, 4) memahami pengintegrasian tradisi nampah batu di Desa Depeha ke dalam RPP di SMP Negeri 5 Kubutambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Depeha, tepatnya di SMP N 5 Kubutambahan, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data penelitian selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) tradisi nampah batu merupakan simbol tanda penghormatan terhadap leluhur yang bermakna positif terkait kehidupan manusia, 2) Pelaksanaan tradisi nampah batu dilaksanakan pada purnama karo yang bertepatan pada bulan agustus, 3) Terdapat 6 nilai karakter yaitu nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin, nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang tercermin dan terepresentasikan pada tradisi nampah batu, 4) Pengintegrasian nampah batu dapat dipresentasikan kedalam nilai-nilai karakter yang berpedoman pada pegangan hidup.
Kata kunci: Tradisi Nampah Batu, Nilai-nilai Karakter dari Tradisi Nampah, Pengayaan Sumber Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
Agung, Gede A.A. Tri Hita Karana Wujud Komunikasi Keluarga Semesta Dalam Perspektif Bali Kosmos. Universitas Pendidikan Ganesha.
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta .
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi. 2003. Pembelajaran Konstektual ( Constektual Teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Wardhana, Yana. 2010. Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.