MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM), KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PRESTASI BELAJAR IPS

Ni Gusti Ayu Made Sri Evariani, I Wayan Kertih, Iyus Akhmad Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP N 1 Penebel; (2) penerapan model pembelajaran STM terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel; (3) secara simultan pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 249 orang yang tersebar di delapan kelas. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling,  kelas IXB terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 dan 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes essay untuk keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan anava satu jalur dan manova dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP N 1 Penebel dengan Fhitung = 50,209 (p = 0,000 < 0,05);(2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebeldengan Fhitung = 84,437 (p = 0,000 < 0,05); dan (3)secara simultan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel dengan F-Wilks' Lambda= 43,569 (p = 0,000 < 0,05).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STM berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel baik secara terpisah maupun simultan.Untuk itu model pembelajaran STM dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di SMP.

Kata kunci: Model Pembelajaran STM, Pembelajaran Konvensional,Keterampilan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Ardana, I Wayan. 2013. Pengaruh Model Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran IPS Siswa SD di Desa Kalibukbuk. E-jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Dantes & A.A.I.N Marhaeni. 2012. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Implementasi dalam Perencanaan Pembelajaran dan Evaluasi). Singaraja: Undiksha.

Hartono, 2008. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, 2010. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian Edisi-2.Yogjakarta : PUSTAKA PELAJAR

Juliantara, Ketut. 2009. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. (http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/pendekatanpembelajaran-konvensional/2001).(diakses 14 Agustus 2017)

Lasmawan, W. 2003.Pengembangan Model Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Sosial Budaya (Studi Pengembangan Pembelajaran IPS pada Sekolah Dasar di Bali). Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.

Lasmawan, W. 2009.“Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran IPS Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) pada Siswa SD di Kabupaten Buleleng”.JPP Undiksha Volume 3, Tahun ke XII.

Lasmawan, W. 2010.Menelisik Pendidikan IPS dalam Persepektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Marhaeni, A.A. Istri N. 2007. Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. Singaraja : Undiksha.

Nita Tristina, 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Prestasi Belajar IPS dan Keterampilan Sosial pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016”.Tesis. Singaraja: Undiksha.

Nugraheni, E. 2007. Student Centered Learning dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 8(2).1-10.

Nugraheni, E. 1995.Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara

Putra, Mahardana Alit. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Berbasis Assesment Kinerja Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Ditinjau dari Kemampuan Mekanik Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X TSM SMK Negeri 3 Singaraja”. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Suantari. 2009. “Pengaruh Model Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar (Studi pada para Siswa di SD No 2 dan 4 Penebel, Kabupaten Tabanan”. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.

Sukardi.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yager, Robert E. 1996.Science/Technology/Society: As Reform in Science Education. New York: State University of New York Press.

Widyatiningtyas, Reviandari. 2009. Pembentukan Pengetahuan Sains Teknologi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya. http://educare.e-fkipunla.net. Diakses 25 September 2010




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.