PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII SMP GANESHA DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. 1. Menguraikan pengaruh penerapan mediaaudiovisual dalam pembelajaran IPS terhadap tingkat pemahaman konsep IPS dan keterampilan sosial siswa secara simultan pada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar. 2. Menjelaskanpengaruh penerapan media audiovisual dalam pembelajaran IPS terhadap tingkat pemahaman konsep IPS pada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar. 3. Menjelaskanpengaruh penerapan media audiovisual dalam pembelajaran IPS terhadapketerampilan sosialpada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar. Untuk mencapa tujuan ini, penelitian ini dilakukan dengan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan the randomized control group with posttest only design pada dua kelas VII di SMP Ganesha Denpasar: satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel penelitian ini adalah 79 orang siswa. Ubahan bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan bantuan media audiovisual dan pembelajaran konvensional, sedangkan ubahan terikatnya adalah pemahaman konsep IPS dan keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda dan form penilaian diri keterampilan sosial. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan dengan Manova satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. 1. Ada pengaruh penerapan mediaaudiovisual dalam pembelajaran IPS yang signifikan terhadap tingkat pemahaman konsep IPS dan keterampilan sosial siswa secara simultan pada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar. 2. Ada pengaruh penerapan media audiovisual dalam pembelajaran IPS yang signifikan terhadap tingkat pemahaman konsep IPS pada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar. 3. Ada pengaruh penerapan media audiovisual dalam pembelajaran IPS yang signifikan terhadapketerampilan sosialpada siswa kelas VII SMP Ganesha Denpasar.
Kata Kunci: Media Audiovisual, pemahaman konsep IPS, dan keterampilan sosial siswa
Full Text:
PDFReferences
Budyartati, S. 2008. Keefektifan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Percobaan II Depok Sleman. download.portalgaruda.org/article.php?Diunduh 15 Januari 2018.
DBE. 2010. Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan DBE.
DeVries, R. dan Zan, B. 1994. Moral Classrooms, Moral Children: Creating a Constructivist Atmosphere in Early Education. New York and London: Teachers College Press.
Fita Lestari, R. 2013. Pengaruh Media Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Skripsi (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: UNY.
Gredler, M. E. 1992.Learning and Instruction: Theory into Practice. Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Hanim F. dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 1 No. 4 April 2016 Hal.: 752—757.
Hikmah, et al. 2013. Pengembangan Multimedia dalam PembelajaranIlmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk PerolehanBelajar Menghubungkan Konsep pada SiswaKelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri IPontianak. Tesis (tidak dipublikasikan). Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Kartikasari, G. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaa: Studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Hunda Pandatoyo”. Jurnal Dinamika Penelitian Volume 16, Nomor 1 (hal. 62-81)
Kemahyasa, I K. 2012. Pengembangan Multimedia interaktif menggunakan Model Borg And Gall Untuk Pelajaran Produktif Menggabungkan Fotografi Digital Ke dalam Sajian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Tesis (tidak dipublikasikan). Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.
Martorella, P. H. 1985. Elementary Social Studies: Developing Reflective, Competent, and Concerned Citizens. Boston, Toronto: Little, Brown and Company.
Nurhayati dan Susila Purwanti, R. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining pada Siswa Kelas V di SDd 2 Kadipiro Kasihan Bantul Tahun 2015/2016. Diunduh pada Hari Senin, !5 Mei 2017.
………. 1994. Social Studies for Elementary School Children: Developing Young Citizen. New York: Macmillan College Publishing Company.
NCSS, 2000.National Standards for Social Studies Teachers, Volume 1. Washington, DC: National
Purwanti, E. 2015. “Pengembangan Instrumen Keterampilan, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar No. 3 Legian_Badung, Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 3 Tahun 2013.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembang-kan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakar-ta
Rusman,dkk.2011. Pembelajaran Be-rbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Rajawalipress
Sadia, I W. 1996. Pengembangan Model Belajar Konstruktivis dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Suatu Studi Pembelajaran IPA dalam Pandangan Paradigma Konstruktivisme di SMP Negeri di Singaraja. Disertasi (Tidak dipublikasikan). Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung.
Sriariati, G A K. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Nomor 2 Mambal. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
Sri Darmawati, I G A P. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kearifan Lokal Catur Asrama pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Astina. Jurnal IKA Undiksha.
Sudarsono. 2012. Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Lingkungan Fisik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Jimbung Klaten. Skripsi (tidak dipublikasikan). Surakarta: UNS.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suirja, I N. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus IV Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
Sukadi. 2016. Lahan Basah: Ekosistem, Pemanfaatan, Masalah, dan Pemecahannya (Suatu Kajian Ekopedagogi pada Pembelajaran IPS di Indonesia). Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat yang Diselenggarakan pada tanggal 25 Nopember 2016 di Banjarmasin.
……… 2011. Rekonstruksi Pemikiran Belajar dan Pembelajaran PKN SDsebagai Yadnyadalam rangka Perwujudan Dharma Agamadan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme. Laporan Penelitian Tahun Ke-3 (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
……… 2010. Rekonstruksi Pemikiran Belajar dan Pembelajaran PKN SDsebagai Yadnyadalam rangka Perwujudan Dharma Agamadan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme. Laporan Penelitian Tahun Ke-2 (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
……… 2006, Pendidikan IPS sebagai Rekonstruksi Pengalaman Budaya Berbasis Ideologi Tri Hita Karana. Disertasi (Tidak dipublikasikan). Bandung: UPI.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan.Yogyakarta :Kanisius
Winataputra, U. S. 2001. Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi (Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS). Disertasi (Tidak dipublikasikan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.