PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII

Ni Nyoman Sari Astiti, I Wayan Lasmawan, Iyus Akhmad Haris

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan post test only control group design, bertujuan untuk mengalisis perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran contextual teaching and learning dan quantum teaching siswa kelas VII, secara terpisah maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII. Setelah diadakan uji kesetaraan, diplih secara random 2 kelas sebagai sampel, 1 kelas menjadi kelas ekspeimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol.  Data dalam penelitian dikumpulkan dengan kuesioner dan tes hasil belajar IPS dan dianalisis dengan anava dan manova. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan motivasi berprestasi siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan Fhitung = 52,613 (p = 0,000 < 0,05), (2) ada perbedaan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan Fhitung = 30,384 (p = 0,000 < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan F- Wilks' Lambda= 48,307 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa kelas VII.

Kata kunci: model pembelajaran contextual teaching and learning dan quantum teaching, motivasi berprestasi, hasil belajar IPS


Full Text:

PDF

References


Bandono,2008.Menyusun Pembelajaran Contextual Teaching Learning.

De Porter. B. Reardon, M. Nourie, S. S. 2010. Quantum Teaching. Jakarta : Kaifa.

Fitriani. 2016. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togerther (NHT) Terhadap Motivasi dan Prestasi belajar Kimia Peserta Didik KelasX SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

I Made Siwalatri,Prof I Wayan Lasmawan,M.Pd,Prof.Dr.Nyoman Dantes.”Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Semarapura Tengah”.e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Progaram Studi Pendidikan.

Johnsos,Elaine B.2002.Contextual Teaching and Learning.What it is and Why it`s Here To Stay.California:Corwin PRESS

Kemdikbud. 2016. Hasil uji Kompetensi Guru Tahun 2015. (http://www.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 12 Juni 2017).

Martaniah, Sri Mulyani. 1984. Motif Sosial Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina di Beberapa SMA Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

McClelland, D.C., Atkinson, J. W., Clark, R.A. and Lowell, E.L..1976. The achievvement Motive. New York: Irvington Publishers,Inc.

Misrun Mauke, I Wayan Sadia, I Wayan Suatra. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA- Fisika di MTs Negeri Negara”. e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 3 Tahun 2013.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukari. 1999. “Studi Korelasional antara Persepsi Widyaiswara terhadap Jabatannya dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Widyaiswara”. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 1, nomor 1 (hlm.48-70).

Yulianti, Linda Dwi. 2015. “Kendala Guru Mengajar IPS di SMP Swasta pada Kecamatan Natar Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi (tidak diterbitkan), Lampung: Universitas Lampung.

Sagala, Saiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

https://www.kompasiana.com,diakses tanggal 12 Januari 2018




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.