PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN TIPE KEPRIBADIAN DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Denpasar, dengan menggunkan desain treatmen by level 2x2. Ada dua jenis instrument yang digunakan untuk menjaring data, yaitu: tes tipe kepribadian dan tes hasil belajar IPS. Data hasil penelitian dianalis dengan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS dan 2) untuk siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih cocok dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audiovisual, sedangkan untuk siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert lebih cocok dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: PBL, media audiovisual, tipe kepribadian, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Harjanto. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, Ni Nyoman Sri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. e-jurnal. Pascasarjana Undiksha. Diakses Tanggal 28 Juli 2017.
Mularsih, Heni. 2010. Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Makara, Sosial Humaniora Vol. 14 No. 1 Tahun 2010. Depok: Universitas Indonesia.
Pervin, Lawrence A., Cervone, Daniel, dan John, Oliver P. 2012. Psikologi Kepribadian Teoridan Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Rasmianti, Ike. Raga, Gede., Agustiana, I. G. A. Tri. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Banjar. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 Tahun 2013. Singaraja: Undiksha.
Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf.
Supriadi, Sujana, dan Wiarta. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Gugus Ubud Gianyar. e-jurnal. Undiksha. Diakses Tanggal 28 Juli 2017.
Ulya, Nur Maziyah. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan TipeKepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksprerimen Pada MAN 1 Semarang). Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10 Nomor 1. Semarang: UIN Walisongo Semarang.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.