MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM), KETERAMPILAN SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR IPS

Putu Asih Ardani, I Wayan Lasmawan, I Gede Astra Wesnawa

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Denpasar dengan tujuan (1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa Kelas VII SMP Negeri 12  Denpasar, (2) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa Kelas VII SMP Negeri 12  Denpasar, (3) untuk menganalisis perbedaan secara simultan keterampilan dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa Kelas VII SMP Negeri 12  Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 314 orang yang tersebar di delapan kelas, sampel penelitian dengan random sampling,  ditentukan kelas VIIA terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 40 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan anava dan manova satu jalur dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan konvensional dengan Fhitung = 19,414 (p = 0,000 < 0,05).  Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran STM berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan konvensional dengan Fhitung = 8,006 (p = 0,0066 < 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran STM berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa, dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STM dan konvensional dengan FWilks' Lambda = 14,980  (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran STM berpengaruh secara simultan terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa.

 

Kata kunci:  model pembelajaran STM, pembelajaran konvensional, keterampilan sosial, hasil belajar IPS

 


Full Text:

PDF

References


Bremer dan Smith. 2004. “Teaching Social Skill”. International Center on Secondary Education and Transition Information Brief, October 2004. Vol.3, Issue. Hal.1.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Prayekti. 2001. “Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat tentang Konsep Pesawat Sederhana dalam Pembelajaran IPA di Kelas 5 Sekolah Dasar”. Jurnal. http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/29/editorial.htm.

Poedjiadi, Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharmawan, Wahid. 2010. Di Butuhkan Model pembelajaran Baru untuk Kehidupan Abad-21.

Sumardani. 2014. ”Pengaruh Penerapan Teknik Ice Breaker terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik Ice Breaker pada pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan”.

Wulandari. 2012. “Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Ice Breaker Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Swasta Pahlawan Sukaramai Tahun Pembelajaran 2012/2013”.

Yager, Robert Eugene. 1996. Science Technology Society As Reform In Science Education. New York: State University of New York Press

Nita Tristina. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran STM Terhadap Prestasi Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016”

Rusmansyah, Irhasyuarna, Y. 2001. “Implementasi Model pembelajaran Sains-Teknologi- Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di SMU N Banjarmasin”. Jurnal. http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/40/editorial40.htm.

Wahyu Setiadi. 2014 “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Denpasar” . Artikel. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2014, hal. 86).




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.