PENGINTEGRASIAN KEARIFAN LOKAL SUBAK ABIAN CATU DESA SAMBIRENTENG BULELENG BALI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP

Authors

  • I Nyoman Mantaka Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sendratari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Margi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya upaya untuk mewujudkan pembelajaran IPS yang inovatif berwawasan lingkungan yang berorientasi pada pelestarian budaya Subak . Tujuan penelitian adalah (1) memahami latar belakang pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Subak Abian Catu sebagai sumber belajar IPS, (2) mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang dianut di dalam Subak Abian Catu, (3) menemukan mode  mengintegrasikan kearifan lokal Subak Abian Catu sebagai Sumber belajar IPS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis dokumen..Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pentingnya nilai-nilai kearifan lokal Subak sebagai sumber belajar karena adanya pesan moral tentang idiologi hijau dan pesan humanis untuk menjaga kelestarian alam dan kerjasama. (2) Nilai-nilai kearifan lokal Subak abian catu yang berpotensi sebagai sumber belajar IPS meliputi; sikap hormat terhadap alam, tanggung jawab, solidaritas kosmis, kasih sayang, perduli terhadap alam, tidak merugikan/merusak, hidup sederhana, keadilan, demokratis, dan integritas moral.l. (3) Pengintegrasian kearifan lokal subak sebagai sumber belajar IPS menggunakan model pengintegrasian berdasarkan potensi utama, dalam bentuk perangkat pembelajaran RPP dan Handout,dan dari hasil uji kelayakan produk RPP dan Handout berkatagori baik, layak untuk dijadikan  sumber belajar dalam pembelajaran IPS.

 

Kata kunci :Kearifan Lokal Subak, Sumber Belajar

References

Akbar, Sa dun. 2006. Pengembangan Kurikulum IPS, Malang: Pascasarjana Universitas Kanjuruhan.

Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar Evaluasi.Jakarta : Bumi Aksara

Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakterâ€. Jurnal Sosio Didaktika, Volume 1, Nomor 2 (hlm.123-130).

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Keraf, A Sony. 2002, Etika Lingkungan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Kertih, I Wayan.2015 .Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dan Pengembangan.Yogyakarta. Media Akademi

Prastowo,Andi,2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyaakarta Diva Press

Sani, Ridwan Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Sutawan, Nyoman. 2003. “Kearifan Lokal dalam Pengelolaam Sumberd Oktober 2003

Windia, W & dkk.1997. Subak Sistem Irigasi Tradisional Sebuah Canangsari.Denpasar. Upada Sastra.

Windia, Wayan. 2006. Transformasi Sistem Irigasi Subak yang Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Downloads

Published

2017-10-01

Issue

Section

Articles