PENGINTEGRASIAN KEARIFAN LOKAL SUBAK ABIAN CATU DESA SAMBIRENTENG BULELENG BALI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya upaya untuk mewujudkan pembelajaran IPS yang inovatif berwawasan lingkungan yang berorientasi pada pelestarian budaya Subak . Tujuan penelitian adalah (1) memahami latar belakang pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Subak Abian Catu sebagai sumber belajar IPS, (2) mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang dianut di dalam Subak Abian Catu, (3) menemukan mode mengintegrasikan kearifan lokal Subak Abian Catu sebagai Sumber belajar IPS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis dokumen..Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pentingnya nilai-nilai kearifan lokal Subak sebagai sumber belajar karena adanya pesan moral tentang idiologi hijau dan pesan humanis untuk menjaga kelestarian alam dan kerjasama. (2) Nilai-nilai kearifan lokal Subak abian catu yang berpotensi sebagai sumber belajar IPS meliputi; sikap hormat terhadap alam, tanggung jawab, solidaritas kosmis, kasih sayang, perduli terhadap alam, tidak merugikan/merusak, hidup sederhana, keadilan, demokratis, dan integritas moral.l. (3) Pengintegrasian kearifan lokal subak sebagai sumber belajar IPS menggunakan model pengintegrasian berdasarkan potensi utama, dalam bentuk perangkat pembelajaran RPP dan Handout,dan dari hasil uji kelayakan produk RPP dan Handout berkatagori baik, layak untuk dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran IPS.
Kata kunci :Kearifan Lokal Subak, Sumber Belajar
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa dun. 2006. Pengembangan Kurikulum IPS, Malang: Pascasarjana Universitas Kanjuruhan.
Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar Evaluasi.Jakarta : Bumi Aksara
Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter”. Jurnal Sosio Didaktika, Volume 1, Nomor 2 (hlm.123-130).
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Keraf, A Sony. 2002, Etika Lingkungan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
Kertih, I Wayan.2015 .Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dan Pengembangan.Yogyakarta. Media Akademi
Prastowo,Andi,2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyaakarta Diva Press
Sani, Ridwan Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Sutawan, Nyoman. 2003. “Kearifan Lokal dalam Pengelolaam Sumberd Oktober 2003
Windia, W & dkk.1997. Subak Sistem Irigasi Tradisional Sebuah Canangsari.Denpasar. Upada Sastra.
Windia, Wayan. 2006. Transformasi Sistem Irigasi Subak yang Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana. Denpasar: Pustaka Bali Post.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.