NILAI-NILAI KARAKTER PADA LEMBAGA ADAT DESA ADAT SADING SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 MENGWI

I Ketut Sumberbudi, I Wayan Kertih, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui; (1)  alasan nilai-nilai karakter sebagai kearifan lokal  Desa Sading masih tetap  bertahan di tengah-tengah perkembangan yang ada; (2)  nilai-nilai kearifan lokal pada Lembaga Adat Desa Sading yang sesuai dengan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Mengwi; dan (3)  cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter sebagai nilai-nilai kearifan lokal pada Lembaga Adat Desa Sading sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Mengwi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnopedagogi. Penelitian ini dilakukan di Desa Sading dan di SMP Negeri 5 Mengwi. Subyek dalam penelitian ini adalah para prejuru Desa Sading, tokoh-tokoh masyarakat, para pemangku , sekaa teruna-teruni, para guru IPS , siswa dan Kepala Sekolah di SMP Negeri 5 Mengwi, sedangkan yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah nilai-nilai karakter yang ada di Desa Sading. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan untuk pengumpulann data digunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Untuk pengujian kesahihan data digunakan triangulasi data, triangulaasi metode dan triangulasi teori. Data dianalisis dengan cara analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bertahannya adat dan budaya di Desa Adat Sading, karena dresta-dresta yang ada yang diwarisi secara turun temurun dan  tetap diipelihara dan diadaptasi sesuai dengan perkembangan yang ada dan dituangkan dalam awig-awig desa. Terdapat 8(delapan) nilai-nilai kearifan lokal yang sesuai dengan nilai-nilai luhur (adi luhung) menjadi media yang sangat strategis dalam pembelajaran nilai-nilai karakter yang dapat dintegrasikan dalam pembelajaran IPS sebagai sumber pembelajaran yang dituangkan dalam RPP ( Rencana Program Pembejaran) sehingga pembelajaran IPS menjadi lebih bermakna.

Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Lembaga Adat, dan Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

 


Full Text:

PDF

References


Atmadja. 2017. “Agama Hindu, Pancasila dan Kearifan Lokal Pondasi PendidikanKarakter. Singaraja : Pustaka Larasan.

Widyanti, Triani. 2015. “Penerapan Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu Sebagai Sumber Pembelajaran IPS” Vol.24 ,No.2. Edisi Desember 2015.

Budiwaty Suci. 2011. “Unsur Pengembangan Karakter Bangsa Dalam Kearifan Lokal Bali”. Vol. 4 Oktober 2011. Depok

Ekowarni, Endang. 23 Juni 2011. Pengembangan Nilai-nilai luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa. http://belanegarari.wordpress.com/2009/-08/25/

Geerts, Clifford, 2017, Sistem Kekerabatan di Bali, Denpasar: Udayana University Press

Permendiknas, 2010. Panduan Pendidikan Karakter, Jakarta: Sekmendiknas.

Komalasari, 2017, Pendidikan Karakter, Bandung : PT. Refika Aditama

Korn, V.E. 2017. “Hukum Adat (Het Adatrecht van Bali) Jilid I”. Denpasar : Udayana University Press.

Korn, V.E. 2017. “Hukum Adat (Het Adatrecht van Bali) Jilid II”. Denpasar : Udayana University Press.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.