PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBENTUK HANDOUT BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN NILAI PEDULI SOSIAL DAN ETIKA LINGKUNGAN

Ni Wayan Ramastuti, Nengah Bawa Atmaja, I Wayan Lasmawan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) mengembangkan bahan ajar IPS bermuatan kearifan lokal bali dalam pembelajaran IPS, (2) mengkaji efektivitas penggunaan bahan ajar IPS bermuatan kearifan lokal Bali terhadap nilai peduli sosial dan etika lingkungan siswa SMP Negeri 1 Marga. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data yang sesuai dengan sifat dan jenis data. Untuk data yang bersifat kualitatif digunakan teknik analisa deskriptif secara logis. Populasi penelitian ini adalah kelas VII G. Pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang berupa handout dengan persetujuan kedua validator sehingga handout tersebut dinyatakan valid atau layak digunakan di lapangan dengan revisi. (2) Efektivitas penggunaan bahan ajar IPS bermuatan kearifan lokal Bali terhadap nilai peduli sosial siswa SMP Negeri 1 Marga sangat efektif setelah diberikan perlakuan (treatment) dengan bukti sikap siswa terkait nilai peduli sosial dan etika lingkungan mengalami peningkatan sebesar 33,49% dari rata-rata sebelum diberikan perlakuan dengan nilai yaitu 46,28 dan setelah diberikan perlakuan nilai tersebut menjadi naik hingga mencapai angka rata-rata 79,77.

 

Kata Kunci: Handout, Kearifan Lokal, IPS

Full Text:

PDF

References


Ardana, I Ketut Gede. 2018. “Pengembangan Materi Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana di SMP Negeri 1 Kuta Utara.” Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Dewi, Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta : Reneka

Fatchul, Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoretik dan Praktek). Jakarta: Erlangga.

Nita Apsari, Ni Luh Gede. 2016. “Pengembangan Materi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Mayarakat Bali (Tri Hita Karana) di SMP Negri 3 Sawan.” Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Noviana, Eddy dkk, 2014. Pola Pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Buantan Besar Kecamatan Siak Kabupaten Siak. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Volume 3 Nomor 1, april 2014.

Puspitasari, Ratna. 2016. Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dalam Muatan Environmental Education Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Hikam Kota Cirebon.Al Ibtida, 3(1): 39-56.

Rahmawati, Isna. 2017. Pengintegrasian Nilai-Nilai Dalam Pembelajaran IPS.Magistra, 100(29): 1-10.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadi. 2007. Pendidikan IPS Sebagai Rekonstruksi Pengalaman Budaya Berbasis Ideologi Tri Hita Karana : Studi Etnografi Tentang Pengaruh Mayarakat Terhadap Program Pendidikan IPS Pada SMU Negri 1 Ubud, Bali. Mimbar Pendidikan No. 1/XXVI/2007.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo, Agus. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.