PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

I Made Pasek Anom Sarwa Adi Wisesa, I Wayan Lasmawan, I Nengah Suastika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Projec Citizen  terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental post-test only control group desing. Populasi penelitian ini adalah 188 siswa kelas X dengan sampel penelitian 32 siswa X IPA1 dan 30 siswa kelas X IPA4 SMA Negeri 1 Busungbiu yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir keritis dan hasil belajar siswa 80.47 dan 83.81 untuk kelas eksperimen dan 72.83 dan 73.83 untuk kelas control. Artinya kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal pencapaian keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mereka. Selain itu, nilai F-Wilk’ Lambda = 49.78. Karena nilai sig (p= 0.0 < 0.05), hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pemebalajaran Project Citizen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya,

 

Kata kunci: Project Citizen, Berpikir Kritis, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Alden Craddock, dkk. 2007. International Democratic Education Institute

Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta :Bumi Aksara

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Efeektif. Jakarta PT. Rineka Cipta

Astini, N. G. N. 2011. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari minat belajr siswa SMA: Studi eksperimen pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tegallalang. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidkan Ganesha.

Azwar, S. 2002. Reliabiliti dan Validiti. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Badeni. 1998. Cooperatife learning dalam konteks pendidkan IPS. Jurnal Pendidkan Ilmu Sosial. Nomor 12 Tahun VI Edisi Juli - Desember.

Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Budimansyah, D. & Suryadi, K.(2008). PKN dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan.

Candiasa, I.M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Cogan, J.J. dan Derricott, R. (1998). Citizenship for the 21st Century; An International Perspective on Education. London: Kogan Page.

Craddock, et.al, (2007) “Theaching for Democracy: Assessing Project Citizen in Poland, South Africa”, Research Report.

Dantes, Nyoman. 2007. Analisis Varian. Singaraja: Undiksha

Daryono, dkk. Pengantar Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta PT. Rinaka Cipta.

Erwin, 2013. Pendidikan Kewarganegaraan. Palembang.

Fajar, Arnie. 2005. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Rosda.

Faiz. 2012. Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta. Suka Press UIN Sunun Kalijaga.

Gregrory, R. J. 2000. Psychological Testing. History, Principles and Aplication States of American: Allyn & Bacon, Inc.

Haryati, Titik. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajran Kewarganegaraan (Project Citizen).” Dalam jurnal ilmiah Civis, Volume II, No 2, Juli 2012

Harsanto 2005 melatih anak berpikir Kritis dan Kreatif, Semarang : Grasindo.

Jayadiputra, E. 2010. Pengaruh Implementasi Model Project Citizen dalam Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Demokrasi.

Kerr, D. (1999). Citizenship Education: an International Comparison. London: Quality Curriculum Association.

Koyan, W. 2012. Statistik Pendidikan Singaraja. Universtias Pendidikan Ganesha Press

Lasmawan, 2010. Menelisik Pendidkan IPS dalam Perspektif Kontekstual Empiris. Singaraja. Mediakom Indonesia. Press Bali.

Luqman, 2017. “ Penerapana Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Dalam jurnal Ilmu Pendidkan, Volume 2 No.1. Juni 2017.

Maksum,2011. Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Konsep Pengembangan Sikap Nasionalisme.

Mona Adha, Muhammad. 2019. Open Classroom Climate: Project Citizen Model in Civic Education Learning Activity. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (01) (2019) 13-22

Mulyoto, 2013. Penerapan model Project Citizen dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn terhadap penguasaan kompetensi kewarganegaraan. Yogyakarta.

Nisna Juwita, Cut. 2014. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Devision (STAD) berbasis Multimedia Terhadapat Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie”. ISSN: 2337-9812, Vol. 2, No.2, Ed. September 2014.

Nurhayanti, 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta.

Purwanto. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung PT. Remaja. Rosdakarya.

Samsuri, 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikann Juni 2017. Vol. 5. No. 1. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prisma/indesz

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Santyasa, I W. 1999. Model problem solving dan reasoning sebagai alternatif pembelajaran inovatif. Makalah. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidkan Indonesia V, Surabaya, 5 – 9 Oktober 2004.

. 2005.Model pembelajaran inovatif dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Makalah. Disajikan dalam penataran guru-guru SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Jembrana Juni-Juli 2005, di Jembrana.

Saprya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung PT. Remaja Rosdakrya.

Slavin, R. E., 1994, Cooperative learning. Boston: Allyn and Bacon.

Suabuana, 2010. Pengembangan Pendidikan Nilai Bela Negara Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Pada Perguruan Tinggi Melalui Model Pembelajaran Project Citizen.

. 1995. Cooperative learning: Second edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soeprapto, 2005, Membuat Siswa Berpikir Kreative dan Inovatif, Bandung, Nuansa

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Badung. Alfabeda

Sugihartono & dkk 2007 psikologi pendidikan Yogyakarta. UNY: Prasi

Sukadi. 2007. Belajar dan Pembelajaran (Berorientasi Konten : Kearifan Lokal Budaya Bali). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Suprya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung PT. remaja Rosdikarya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Diaksess pada https://modelpembelajaran1.wordpress.com/2016/02/20/model-pembelajaran-stad/ 2 Juli 2019

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2002 tentang system pendidikan nasional.2003. Departemen Pendidikan Nasional

Wahab, A, A dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan PKn. Bandung: Alfabeta

. 1997. Pendidikan Pncasila dan Kewarganegaraan (PPKn): Bandung, Depdikbud.

Winata Putra, 2007 strategi Belajar mengajar PPKn . Jakarta Pusat Penerbita Universitas terbuka

Yasa & dkk, 2007. Pengaruh penerapan instruksional Problem Solving dengan model pembelajaran cooperative Group Intructuqaiondalam pemebelajaran siswa terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA 4 Singaraja

Yurdayanti, 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dan Group Investigation Student Team Achievement Division Terhadap Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. ISSN: 2460-0768 Vol.3, No. 2 (Juli 2017) Hal.114- 125




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.