PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PETANG KABUPATEN BADUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel yaitu (1) hasil belajar IPS dan kesadaran lingkungan siswa secara simultan, antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dan model pemebelajaran konvensional, (3) kesadaran lingkungan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dan model pemebelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Petang Kabupaten Badung tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 190 orang. Sample dalam penelitian ini menggunakan teknik class random sampling, yang mengambil sampledua kelompok siswa yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperiment. penelitian ini mengikuti rancangan eksperimen the post test only control group design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan test pada variabel hasil belajar IPS dan kuesioner pada variabel kesadaran lingkungan. Data dianalisis dengan teknik manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara simultan terdapat perbedaan hasil belajar IPS dan kesadaran lingkungan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan kesadaran lingkungan yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Berdasarkan ketiga temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam peningkatan hasil belajar IPS dan kesadaran lingkungan siswa.
Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPS, kesadaran lingkungan.
Full Text:
PDFReferences
Al-Anarwi, Amirul Mukminin. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ta’dib, Vol 19, No2. IAIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi.
Astiti, Ni Nyoman Sari. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning, Jurnal Pendidikan Ekonomi, (6), (1), Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU/article/download/14241/856. (Diakses pada: 25 Desember 2018)
Dasrita, dkk, 2015, Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata, Jurnal Dinalima Lingkungan Indonesia, 2 (1), Tersedia pada: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=339103&val=7633&title=Kesadaran%20Lingkungan%20Siswa%20Sekolah%20Adiwiyata. (Diakses pada: 20 Desember 2018)
Hermanto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) terhadap Keaktifan Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar Negeri 1 Warungbambu. Jurnal Pedagogik Vol 3. No 1. Bekasi; Universiatas Islam.
Ikhsan, Andi, dkk, 2017, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya, Jurnal Ilmiyah Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), https://media.neliti.com/media/publications/187661-ID-pemanfaatan-lingkungan-sekolah-sebagai-s.pdf. (Diakses pada: 15 November 2018).
Jhonson, Elaine B. 2007. Contekstual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit MLC
Kristanti, Wulan. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMPN 18 Balikpapan Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis. (tidak diterbitkan). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Nugraheni, Rini Ayu Sih, 2015, Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Sikap peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14, http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1178/1051. Diakses pada: 15 November 2018).
Kersnawati, Novia. 2013. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, Hal. 298-303, 1(3)
Rahardiana, Galuh, dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dilengkapi Lab Riil dan Virtual terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPS Semester Genap SMANegeri 1 Pulokulon tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Vol 4. No 1. Universiatas Sebelas Maret: Program Studi Pendidikan Kimia.
Setiawan, I Gusti Agung Nyoman. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1, https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/33144563/IGAN_Setiawan.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1558854698&Signature=oTs8NV%2BCAXrYNP3FFqul5y0psqE%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DJurnal_PENERAPAN_PENGAJARAN_KONTEKSTUAL.pdf. (Diakses pada: 15 Mei 2019)
UUD. 1945. Pasal 31 Tentang Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun2003. Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.