MONUMEN PERANG JAGARAGA DI DESA JAGARAGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 SAWAN KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG

Meri Yuliani, Nengah Bawa Atmaja, Tuty Maryati

Abstract


Monumen adalah bangunan atau tempat yang mempunyai nilai sejarah yang penting dan karena itu dipelihara dan dilindungi oleh Negara. Agar generasi selanjutnya mengenang dan menghormati jasa para pahlawan serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Monumen ini juga dijadikan sebagai sumber belajar IPS pada jenjang SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, nilai-nilai karakter, dan integrasi nilai-nilai karakter pada Monumen Perang Jagaraga yang dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP Negeri 1 Sawan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, Tempat dan peristiwa, Arsip dan Dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sejarah perang jagaraga dilatar belakangi oleh dihapuskannya hak tawan karang oleh pihak Belanda akan tetapi Raja Buleleng tidak setuju sehingga terjadilah perang Jagaraga pada tahun 1849. Terdapat beberapa nilai-nilai karakter pada diorama-diorama yang ada pada monumen Perang Jagaraga yakni: nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, cinta damai dan bertanggung jawab. Monumen perang Jagaraga digunakan sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP yang penerapannya dilakukan dengan menyesuaikan pada Kompetensi dasar di dalam Rencana Perangkat Pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

.

Kata kunci: Monumen, Sejarah Perang Jagaraga, Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial


Full Text:

PDF

References


Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi. Bandung. Alfabeta

Sastrodiwiryo, Soegianto, Perang Jagaraga (1846-1849) kisah heroik Patih Jelantik dari Bali dalam melawan tentara Belanda, BP.

Suprijono, Agus. 2010. „Pemanfaatan Situs Sejarah untuk Mengembangkan Pembelajaran Sejarah Bermakna‟. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penemuan Situs-situs baru dan Pemanfaatannya sebagai Sumber Belajar, UNNES, Semarang 8 Mei.

Soegianto. 2011. Perang Jagaraga (1846-1849). Denpasar: Pustaka Bali Post.

Tim Penyusun. 1980/1981. Sejarah Perang Jagaraga. Bali: Proyek APBD. Prop. Dati 1.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.