Kontribusi Minat Baca dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS pada Siswa Kelas V

Ni Made Treismayanti, I Wayan Sujana, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan minat baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan dan besaran kontribusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Dewi Sartika yang berjumlah 250 orang. Sampel pada penelitian ini ada 152 orang yang ditentukan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan instrumen dalam bentuk angket yang terdiri dari 30 pernyataan untuk pengambilan data minat baca dan hubungan sosial. Sebelum angket diujicobakan dilakukan uji instrumen dengan uji validitas konstruk, uji validitas butir dan uji reliabilitas. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan teknik pencatatan dokumen. Data hasil penelitian yang telah memenuhi uji prasyarat analisis di uji menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan Fhitung = 4,6 >  Ftabel = 3,06 berdasarkan kriteria hal ini menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 5,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa minat baca dan hubungan sosial memberikan kontribusi sebesar 5,9% terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Sehingga 94,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor belajar lain baik dari faktor dalam diri maupun faktor dari luar diri siswa.

Kata Kunci : hubungan sosial, kompetensi, minat baca

Full Text:

PDF

References


Agung, AA. Gede. 2006. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri.

Agung, AA. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri.

Agung, AA. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Agung, AA. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Andriani, Durri. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Candra,Wayan. 2016. Psikologi:Laandasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Denpasar: Politeknik Kesehatan Denpasar.

Dalman, H. 2013.Keterampilan Membaca.Jakarta: Rajawali Pers.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogjakarta:Andi Offset.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Djaali, Haji. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Emzir. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo, Persada.

Listriana, Desi. 2016. Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Pedidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. 161 Halaman, Di akses pada tanggal: 14 November 2018.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Naim, Ngainun. 2013.The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di akses tanggal: 5 Januari 2019

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. di akses tanggal: 5 Januari 2019

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: WAGE Group.

Rahim, Farida.2011.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rimbawan, Nyoman Dayuh. 2013.Statistik Inferensial Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: Udayana University Press.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santosa, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sari, Jeani Nurdiana. 2016. Hubungan antara Minat Baca dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal: 14 November 2018

Sayomukti, Nurani. 2016. Pengantar Sosiologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarsana, Undang. 2014. Pembinaan Minat Baca. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.s

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia. di akses tanggal: 27 Desember 2018

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanto, Juli. 2010.Hubungan Sosial Asosiatif dan Disosiatif. Bogor: PT. Regina Eka Utama.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.