PENGARUH METODE KARYAWISATA FANTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH BERBANTUAN MEDIA MAJALAH DINDING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn

I Gusti Ayu Nedya Sanistyasari, Made Putra, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD gugus VIII Mengwi Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Mengwi  yang terdiri dari 9 kelas sebanyak siswa 248 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VA SD No.3 Mengwi sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa, dan kelas VA SD No. 1 Mengwi sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 siswa. Data kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 31 butir, yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung=3,421. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk=59 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel=2,000, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Mengwi tahun ajaran 2019/2019. Rerata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen =0,42>=0,20 rerata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan, metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada peneliti lain agar penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.

 

Kata kunci: karyawisata fantasi, lingkungan sekolah, madding


Full Text:

PDF

References


Agung. A. A. G.2013.Evaluasi Pendidikan. Singaraja.

Agung. A. A. G.2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta :Aditya Media Publishing.

Dantes,Nyoman.2017.Metode Penelitian.Yogyakarta :Andi Offset

Hardini, Isriani,dll. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadi (Teori, Konsep dan Implementasi). Yogyakarta:Famiia.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yraa Widya

Peraturan Menteri Pendidikan Kebubudaya Republik Indonesia No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan menteri pendidikan kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2016

Santoso, Hari. 2007. “Majalah Dinding Sebagai Madia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Budaya Baca Siswa.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sudijono, Anas. 2012. Pengatar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutoyo. 2011. PPKn untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Lerning) secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.