PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS

Ni Kadek Rosdianti Pertiwi, I Nyoman Murda, Ni Wayan Rati

Abstract


Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu rendahnya sikap sosial siswa dalam proses pembelajaran serta rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus VIII Kintamani yang mencapai KKM yaitu 46,35% dan yang belum mencapai KKM yaitu 53,65%. Rendahnya sikap sosial dan hasil belajar IPS diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerahterhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only kontrol group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 112 orang dan sampel penelitian berjumlah 53 orang yang diambil dengan teknik cluster sampling. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung=99,75>Ftabel=4,00); 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung=25,32>Ftabel=4,00) dan 3) secara simultan, terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikut pembelajaran konvensional (F=53,635<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa.

 

Kata kunci :talking stick, lagu daerah, sikap sosial, IPS

Full Text:

PDF

References


Cakra, G. 2015. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD N 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2016”.Jurnal Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha. Volume 5, No 1 Tahun 2015.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk MeningkatkanProfesionalitas Guru, Jogjakarta:Kata Pena.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelistik Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Solihatin & Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Trianti Lestari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu daerah Terhadap Hasil Belajar IPS”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 Nomor 4.Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD.(Diakses pada 24 Desember 2018).

Utami Widya. 2016. “Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar IPA Siswa kelas IV SD Negeri 5 Dauhwaru Keamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2015/2016”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Nomor 1.Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7114.(Diakses Tanggal 24 Desember 2018).

Wahyudiantari, I Gst A A. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N 7 Singaraja”. Singaraja: e-Journal Edutech Undiksha. Volume : 3 Nomor: 1 Tahun: 2015.

Wijayanti, Desi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 No 2.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.