Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar (3) pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar dan hasil. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian the posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah 3 kelas VII dengan sampel kelas VII1 dan VII2 yang ditentukan dengan teknik Random Sampling.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS (sig. 0,000< 0,05). (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar IPS (sig. 0,009< 0,05), (3) ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar dan hasil belajar (sig. 0,000<0,05)
Kata Kunci: picture and picture, minat belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Suwatra, dkk. 2007. Modul Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Susanto (2012:185) mengatakan
Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Isjoni. 2012. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.