Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS

Ni Wayan Nia Wijayanti, I Ketut Gading, Desak Putu Parmiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan peta pikiran terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik undian dengan memilih 2 kelas dari 8 kelas anggota populasi. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yaitu 34 orang siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwum sebagai kelompok eksperimen dan 26 orang siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner sikap sosial dan tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis I menunjukkan bahwa F= 747,557; sig<0,05. Hasil uji hipotesis II menunjukkan bahwa F= 101,540;sig<0,05. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa F= 72,168;sig<0,05. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan peta pikiran berpengaruh terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: make a match, kompetensi pengetahuan IPS, peta pikiran, sikap sosial

 


Full Text:

PDF

References


Apriyani, Maryanto, dan Nurohman. 2016. “Pengaruh Model Cooperative Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol 5. No.9.

Aryani, N..P.D. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 di SD Negeri 5 Banyuning”. e-Journal PGSD Undiksha, Vol. 4, No. 1.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Febrianti, N.K.E., N. Nym. Ganing & M. Putra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Topeng Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017”. Mimbar PGSD. Vol.5, No.2.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lasmawan. 2016. Pendidikan IPS SD. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Parbawa, I.G.N.M.A. & I.W. Sujana. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestik dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.2, No.1.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suantara, W.M., N. Kusmariyatni & Ig. W. Suwatra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar”. Mimbar PGSD. Vol. 5, No. 2.

Suparta, D.G, I W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.5.

Suryani, D.A.P, I W. Sujana & I.B.G. Surya Abadi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Permainan TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus 1 Dalung”. Mimbar PGSD. Vol. 5, No.2.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT. Arnas Duta Jaya

Windura, S. 2016. Mind Mapping : Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yuliani, N.P., G. Margunayasa & D.P. Parmiti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal of Education Technology. Vol. 1, No.1.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.