Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ni Wayan Nia Wijayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan peta pikiran terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik undian dengan memilih 2 kelas dari 8 kelas anggota populasi. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yaitu 34 orang siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwum sebagai kelompok eksperimen dan 26 orang siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner sikap sosial dan tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis I menunjukkan bahwa F= 747,557; sig<0,05. Hasil uji hipotesis II menunjukkan bahwa F= 101,540;sig<0,05. Hasil uji hipotesis III menunjukkan bahwa F= 72,168;sig<0,05. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan peta pikiran berpengaruh terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Marga tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: make a match, kompetensi pengetahuan IPS, peta pikiran, sikap sosial

 

References

Apriyani, Maryanto, dan Nurohman. 2016. “Pengaruh Model Cooperative Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPâ€. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol 5. No.9.

Aryani, N..P.D. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 di SD Negeri 5 Banyuningâ€. e-Journal PGSD Undiksha, Vol. 4, No. 1.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Febrianti, N.K.E., N. Nym. Ganing & M. Putra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Topeng Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Mimbar PGSD. Vol.5, No.2.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lasmawan. 2016. Pendidikan IPS SD. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Parbawa, I.G.N.M.A. & I.W. Sujana. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestik dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IVâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.2, No.1.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suantara, W.M., N. Kusmariyatni & Ig. W. Suwatra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasarâ€. Mimbar PGSD. Vol. 5, No. 2.

Suparta, D.G, I W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPSâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.5.

Suryani, D.A.P, I W. Sujana & I.B.G. Surya Abadi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Permainan TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus 1 Dalungâ€. Mimbar PGSD. Vol. 5, No.2.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT. Arnas Duta Jaya

Windura, S. 2016. Mind Mapping : Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yuliani, N.P., G. Margunayasa & D.P. Parmiti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDâ€. Jurnal of Education Technology. Vol. 1, No.1.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles