Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD

I Putu Wira Dharma, Nyoman Kusmariyatni, Dewa Nyoman Sudana

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent post-test Only Control Grup Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 1 Bungkulan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Bungkulan sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dalam peneltian ini dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial (uji-t). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 80,2 termasuk kategori sangat tinggi sedangkan kelompok siswa di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata adalah 73,58 termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 17,73 dan ttabel = 2,021 sehingga didapatkan thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat simpulkan model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus IV kecamatan Sawan tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: Kompetensi pengetahuan IPS, Numbered Head Together, Tri Kaya Parisudha

Full Text:

PDF

References


Arsini, N. N. 2015. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II Gugus VI Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2014/2015”. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1 (hal 1 – 10).

Astawan, I.G. 2018. Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.

Juniarta, D.G. 2016. “ Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016”. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 4 Nomor 1(hal 1 – 11).

Kurniasih Imas & Sani Berlin 2015 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Rosalina, P.D.2017 “The Implementation Of Hindu Philosopy Tri Kaya Parisudha For Sustainable Tourism In Munduk Village North Bali” : STPBI Volume 3 Nomor 2 (Hal 224).

Sucidamayanti, N.P.W. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS”. International Journal of Elementary Education. Volume 1(1) (hal - 10).

Subagia, I. W. & Wiratma, I.G.L. 2012 ”Taksonomi Pembelajaran Dan Penilaian Hasil Belajar Berbasis TriKaya” Jurnal Pendidikan Indonesia.Volume 1 Nomor 1 (halaman 40-64).

Susanto. A. 2013. Teori belajar & Pembelajaran di sekolah Dasar. Rawamangun: kencana prenadamedia group.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.