Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV
Abstract
Parisudha terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 133 orang dan sampel penelitian berjumlah 43 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (sig 0,000<0,05), dengan demikian model pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Role Playing Berorientasi Tri Kaya parisudha
Full Text:
PDFReferences
Astawan, I Gede (dkk). 2018. Teori & Aplikasi Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press
Hanafy, Muhamad Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.
journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516
Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok’atun. (dkk). 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kurniasih, I Sani. B. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Singaraja: Kata Pena.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyudin, Firman. (dkk). 2014. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKN Kelas IV. Artikel Penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura. Pontianak.
Yuliani. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Role Playing di Kelas IV SD Inpres Cendanapura”. Tadulako, Volume 5, Nomor
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.