Efektivitas Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKN Pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu

I Gd Angga Supriana, Sukadi Sukadi, I Nengah Suastika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi dengan model CIPP. Tempat dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kecamatan busungbiu yang melaksanakan kurikulum 2013, yaitu SMA Negeri 1 Busungbiu dan SMA Negeri 2 Busungbiu dan Sampel dalam penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah dan dua orang guru PPKn SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Berdasarkan instrumen evaluasi dari Kemendikbud, sampelsiswa diambil 5 orang dari masing-masing sekolah sehingga sampel siswaberjumlah 10 orang dengan menggunakan undian.Instrumen penelitian berupa kuisioner, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu terkualifikasi efektif.

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pelajaran PPKn.

 


Full Text:

PDF

References


Alfi Nur Bayti. 2013. Evaluasi Terhadap Proyek Media Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 11 Semarang. Semarang : lib.unnes.ac.id

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ermawati, 2016.Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bantul.Jurnal CARAKA,Volume 3 (1) Edisi Desember 2016

Hamalik. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi aksara

Hari Setiadi, 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20 (2), Desember 2016 (166-178)

Kusyamto, 2014. Studi Analisis Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 1 juli 2018. https://bdksemarang.kemenag.go.id/studi-analisis-kurikulum-2013/

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riduan.(2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta

.

Sofan A. 2013.Pengembangan dan Model Pembelajaran dan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Sukadi, 2017:2. Visi, Misi dan Tujuan PPKN K13 menurut CICED ( Center for Indonesia Civic Education). Singaraja : UNDIKSHA.

Wijayanti. (2009). Penerapan Lesson Study dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XII program IPS di SMA Lab Universitas Negeri Malang. Malang, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.