Kajian Nilai-Nilai Kerukunan Antarumat Beragama di Desa Buduk (Pemanfaatannya Dalam Pengayaan Pembelajaran IPS Di SMP N 3 Mengwi, Buduk, Kabupaten Badung)

Saverinus Kalut, Sukadi Sukadi, I Wayan Kertih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya upaya untuk mewujudkan pembelajaran IPS yang inovatif yang berwawasan lingkungan yang berorientasi pada pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan antarumat beragama. Penelitian ini bertujuan: (1) memahami latarbelakang pengintegrasian pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan antarua beragama sebagai sumber belajar IPS, (2) mengidentifikasikan pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan yang ada di Desa Buduk, (3) menemukan model atau cara mengintegrasikan pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan antarumat beragama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan studi etnografi pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, yaitu: (1) Pengetahuan dan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama sangat penting untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS karena pesan moral tentang hidup rukun dalam masyarakat majemuk. (2) pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan antarumat beragama yang berpotensi sebagai sumber belajar IPS meliptui: Menyama Braya, Subak, dan Banjar sedangkan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama yang dapat dijadikan materi pembelajaran IPS adalah nilai saling percaya, gotong royong, saling menghormati, kekeluargaan, dan solidaritas, (3) pengintegrasian pengetahuan dan nilai-nilai lokal kerukunan antarumat beragama berdasarkan potensi utama, dalam bentuk perangkat pembelajaran.

Kata Kunci: Kerukunan, Kondisi Pembelajaran, Materi Pembelajaran IPS berbasis Pengetahuan dan Nilai-nilai Lokal Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Bertens, K. 2011. Etika. Jakarta: Gramedia

Drost, J.I.G.M. Sekolah Mengajar atau Mendidik? Yogyakarta: Kanisius.

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung:

Alfabeta.

Kertih, Wayan I. 2012. Pendidikan IPS; Apa, Mengapa, dan Bagaimana (Suatu Kajian Analisis-Reflektif dari Folosofis hingga Praktik Pembelajaran). Bandung: UPI

Lasmawan, Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press

Bali.

Mudyahardjo, Redja. 2009. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.

Sarosa Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: PT Indeks.

Soelaeman, Munandar M. 2001. Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Jakarta: Refika Aditama.

Sukadi, Sanjaya, Bagus Dewa, Kertih Wayan I. 2009. “Rekonstruksi Pemikiran Belajar dan Pembelajaran PKn SD sebagai Yadnya dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme” (Artikel). Undiksha: Fakultas Ilmu Sosial.

Tilaar, R. A. H. 2000. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ulum, Raudatul dan Budiyono, (ed.). 2016. (Survey) Kerukunan Umat Beragamadi Indonesia. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Beragama Kementerian Agama RI.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.