Pemanfaatan Koperasi Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS Pada SMP Negeri 3 Banjar

Kadek Devi Laviani, Iyus Ahkmad Haris, Ananta Wikrama Tungga Admaja

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjar dengan tujuan (1). menjelaskan nilai-nilai yang ditanamkan dalam koperasi sekolah sebagai sumber belajar IPS, (2). pemanfaatan koperasi sekolah dapat meningkatkan kreativitas siswa di SMP Negeri 3 Banjar, dan (3). koperasi sekolah bermanfaat sebagai sumber belajar IPS dalam pengembangan materi pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan sebagai berikut Tahap Define, Design dan Develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Nilai-nilai perkoperasian sudah ditanamkan siswa di SMP Negeri 3 Banjar dalam proses pembelajaran IPS. 2) Hasil validasi draf produk menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun memiliki kelayakan dari ahli materi dan praktisi guru dengan persentase keseluruhan sebesar 77,27%. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan handout materi yang memanfaatkan koperasi sekolah sebagai sumber materi ajar IPS layak digunakan, dan 3). Hasil pengamatan dari keseluruhan indikator menunjukkan kreativitas siswa belum mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan dalam siklus 1. Hasil persentase yang diperoleh dari pengamatan kreativitas siswa masih kurang dari 76% yaitu 74,95%, sehingga belum mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa pada siklus II, menunjukkan bahwa pada setiap indikator kreativitas siswa pada setiap pertemuan sudah mengalami peningkatan dalam indicator keberhasilan yang telah ditetapkan sebesar ≥76%. Hasil persentase untuk keseluruhan indikator kreativitas menunjukkan rata-rata kreativitas siswa pada siklus II sebesar 87,81%.

Kata kunci: Koperasi Sekolah, Sumber Belajardan Kreativitas


Full Text:

PDF

References


Candiasa, I.M. 2010. Pengujian Instrument Penelitian Disertai Aplikasi Human Dan Bigsteps. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Candiasa, I.M. 2011. Pengujian Instrument Penelitian Disertai Aplikasi Human Dan Bigsteps. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS/SMPLB. Jakarta. Badan Penelitian Dan Pengembangan Nasional. Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Birorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. 1992. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.