PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas VII SMP N 2 Singaraja, (2) hasil penanaman sikap-sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif penanaman sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja ditanamkan melalui pembelajaran IPS dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap sosial siswa dengan strategi pembelajaran IPS, kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, mengkaitkan materi pelajaran IPS dengan nilai-nilai sikap sosial dan dengan memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial diawal pembelajaran, menggunakan media IT pembelajaran IPS, dan melakukan evaluasi terkait sikapsosial. (2) Hasil penanaman sikap-sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS sudah tertanam dengan kategori Baik. Guru terlihat sudah berhasil menanamkan nilai sikap sosial sesuai dengan indikator-indikator yang telah peneliti jabarkan, yaitu: kejujuran, sopan santun, disiplin diri, toleransi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja.
Kata kunci: Pembelajaran IPS; Sikap Sosial; Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arifin &Syamsul, B. 2015. Psikologi Sosial. Jawa Barat: Pustaka Setia
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Afifuddin dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Azwar &Saifuddin. 2016. Sikap manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar Manusia
Baron,Robert A.,Donn Byrne. 2005. Psikologi Sosial jilid 2 Edisi Kesepuluh (alih Bahasa:Ratna Djuwita,dkk). Jakarta:Erlangga
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka
Dimyanti, Johni. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya PadaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Dyah Ayu Fitriyana dan Trisharsiwi. 2018. Penanaman Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Gedongkuning Kotagede. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 5 ( 1), hal. 455-461
Farouk Muhammad. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PTIK Pers
Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Erlangga
Imas Kurniasih, Berlin Sani. 2017. Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran Implementasi & Praktek dalam Kelas, Kata Pen
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: GP Press
Kadir, Abdul Dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mahmudah, Siti. 2011. Psikologi Sosial Teori dan Model Penelitian, Malang: UIN Maliki Press
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia
Rinda Kurnianingrum. 2018. Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Kelas V Di SD Negeri Pengkol. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 23 Tahun ke-7
Referiana Kurnia Putri. 2017. Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Negeri 2 Mlati Sleman Yogyakarta. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/54206/1/SKRIPSI_REFERIANA%20KURNIA%20PUTRI_NIM.13601241051.pdf. Diakses pada tanggal 7 Desember 2019
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,
Salim, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Perdana Publishing
Salim & Syahrum. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media
Sanjaya, W. 2008. Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosda Karya
Sears, David O. Dkk. Psikologi Sosial, PT. Gelora Aksara Pratama.
Slamet. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
-----------. 2011. Metode penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta
Sujarwo. 2014. Pembentukan Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS . LENTERA STKIP-PGRI Bandar Lampung, Vol. 1
Siska Difki Rufaida . 2013. Pengembangan Sikap Social Siswa Menggunakan Pendekatan PAKEM Pada Pembelajaran IPS Kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/15615/1/SISKA%20DIFKI%20RUFAIDA%2C%20NIM%2009108244052%2C%20PGSD.pdf. Di akses pada tanggal 6 Desember 2019
Syafaruddin DKK. 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama
Taher, Alamsyah. 2009. Metode Penelitian Sosial, Banda Aceh: Syiah Kuala University
W.A. Gerungan. 2004. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama
Wahab, Abdul Aziz. 2009. Konsep Dasar IPS, Universitas Terbuka
Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan Metode & Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.