PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS

Luh Dessy Rismayani, I Wayan Kertih, Luh Putu Sendratari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) proses pembelajaran  IPS yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas VII SMP N 2 Singaraja, (2) hasil penanaman sikap-sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif penanaman sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja ditanamkan melalui pembelajaran IPS dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap sosial siswa dengan strategi pembelajaran IPS, kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, mengkaitkan materi pelajaran IPS dengan nilai-nilai sikap sosial dan dengan memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial diawal pembelajaran, menggunakan media IT pembelajaran IPS, dan melakukan evaluasi terkait sikapsosial. (2) Hasil penanaman sikap-sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja melalui pembelajaran IPS sudah tertanam dengan kategori Baik. Guru terlihat sudah berhasil menanamkan nilai sikap sosial sesuai dengan indikator-indikator yang telah peneliti jabarkan, yaitu: kejujuran, sopan santun, disiplin diri, toleransi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja.

Kata kunci: Pembelajaran IPS; Sikap Sosial; Siswa


Full Text:

PDF

References


Arifin &Syamsul, B. 2015. Psikologi Sosial. Jawa Barat: Pustaka Setia

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Afifuddin dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Azwar &Saifuddin. 2016. Sikap manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar Manusia

Baron,Robert A.,Donn Byrne. 2005. Psikologi Sosial jilid 2 Edisi Kesepuluh (alih Bahasa:Ratna Djuwita,dkk). Jakarta:Erlangga

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka

Dimyanti, Johni. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya PadaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dyah Ayu Fitriyana dan Trisharsiwi. 2018. Penanaman Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Gedongkuning Kotagede. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 5 ( 1), hal. 455-461

Farouk Muhammad. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PTIK Pers

Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Erlangga

Imas Kurniasih, Berlin Sani. 2017. Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran Implementasi & Praktek dalam Kelas, Kata Pen

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: GP Press

Kadir, Abdul Dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mahmudah, Siti. 2011. Psikologi Sosial Teori dan Model Penelitian, Malang: UIN Maliki Press

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia

Rinda Kurnianingrum. 2018. Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Kelas V Di SD Negeri Pengkol. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 23 Tahun ke-7

Referiana Kurnia Putri. 2017. Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Negeri 2 Mlati Sleman Yogyakarta. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/54206/1/SKRIPSI_REFERIANA%20KURNIA%20PUTRI_NIM.13601241051.pdf. Diakses pada tanggal 7 Desember 2019

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,

Salim, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Perdana Publishing

Salim & Syahrum. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media

Sanjaya, W. 2008. Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosda Karya

Sears, David O. Dkk. Psikologi Sosial, PT. Gelora Aksara Pratama.

Slamet. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

-----------. 2011. Metode penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta

Sujarwo. 2014. Pembentukan Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS . LENTERA STKIP-PGRI Bandar Lampung, Vol. 1

Siska Difki Rufaida . 2013. Pengembangan Sikap Social Siswa Menggunakan Pendekatan PAKEM Pada Pembelajaran IPS Kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/15615/1/SISKA%20DIFKI%20RUFAIDA%2C%20NIM%2009108244052%2C%20PGSD.pdf. Di akses pada tanggal 6 Desember 2019

Syafaruddin DKK. 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama

Taher, Alamsyah. 2009. Metode Penelitian Sosial, Banda Aceh: Syiah Kuala University

W.A. Gerungan. 2004. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama

Wahab, Abdul Aziz. 2009. Konsep Dasar IPS, Universitas Terbuka

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan Metode & Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.