PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN PKn Di SMP NEGERI 2 KUTA UTARA

Sri Prihatin, Sukadi Sukadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman konsep dan motivasi berprestasi secara simultan dalam mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep siswa dalam mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional.  Penelitian ini termasuk  peneltian eksperimen semu dengan rancangan analisis Post Test Only Control Group Desingn. Populasi penelitian sebanyak 533 siswa yang terbagi dalam 14 rombongan belajar, setelah uji kesetaraan kelas, dilakukan sampling dengan menggunakan teknik random sampling  diperoleh 152 siswa yang terbagi dalam 4 rombongan belajar yang akan digunakan sebagai sampel. Metode pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan kuesioner motivasi berprestasi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 153,039 dengan signifikansi ˂ 0,05); (2) terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 64,977 dengan signifikansi ˂ 0,05); (3) terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 225, 737 dengan signifikasi ˂ 0,05).

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Motivasi Berprestasi; Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Asrori, M. 2007. Collaborative Teamwork Learning. Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa bekerja secara kolaboratif dalam Tim. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. No. 040. Hal. 110-127, Januari 2003.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Pradnyana, P. B. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Parwata, Ida Bagus Adi. 2009. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Kartika, M, Dewi. 2014. Pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. e-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran. (Volume 4 Tahun 2014) diakses 1 Desember 2017.

Sukadi (2006) Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Budaya Spiritual Sebagai Yadnya (Perwujudan Dharma Agama dan Dharma Negara Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Konstruktivisme bagi Masyarakat Hindu Bali). Undiksha; Makalah. http://budicivicsblogspotcom.blogspot.co.id/2010/11/paradigma-pendidikan-kewarganegaraan-di.html diakses 15 januari 2017

Sulamiasih, Ni, Kadek. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Gugus II Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2014/2015. e-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Vol 5 hal 1-7 Tahun 2015) .




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.