PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENGINTEGRASIAN TRADISI MEGOAK-GOAKAN

Made Roby Pratama Purna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui sejarah tradisi megoak-goakan; 2) Untuk Memahami proses tradisi megoak-goakan di Desa Panji; 3) Untuk Mengklasifikasikan nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS; dan 4) Untuk Mendalami pengintegrasian tradisi megoak-gokan ke dalam RPP di SMP Negeri 4 Singaraja

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif partisipan. Partisipan adalah orang-orang yang diajak wawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemikiran, dan persepsinya. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data ini selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter pada tradisi megoak-goakan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPS, berpedoman pada 18 nilai-nilai karakter yang direkomendasikan oleh Kemendiknas (2010). Pembelajaran dengan menintegrasikan pendidikan karakter memang semakin diutamakan akhir-akhir ini, tradisi megoak-goakan mampu merepresentasikan sebagian nilai-nilai karakter yang berpedoman pada Kemendiknas (2010). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 nilai karakter dari 18 nilai karakter Kemendiknas yang tercermin dan terepresentasikan pada Tradisi megoak-goakan. Dengan demikian, pemanfaatannya sebagai pengembangan pembelajaran nilai-nilai karakter khususnya pada pembelajaran IPS sangat layak untuk diterapkan.

Kata kunci: Megoak-goakan; Nilai Karakter; Pengayaan


Full Text:

PDF

References


Amin, M. Darori. 2002. Islam dan Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media.

Bali, Admin. 2018. Tradisi Megoak-goakan, Sejarah dan Makna Permainan Tradisional Bali. Tersedia Pada https://tempatwisatadibali.info/tradisi-megoak-goakan-di-buleleng-bali/. Diakses Pada Tanggal 2 Pebruari 2019.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kontestual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Moleong, lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nababan, 2003. Teori Menerjemah BS, Yogyakarta. Percetakan Pelajar

Winarno, Budi. 2002. Kebijakan Publik, Teori dan Proses: Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Presindo




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.