PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Putu Irmayanti Christy, Nengah Bawa Atmadja, I Putu Sriartha

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh secara simultan model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar dan berpikir kritis, (2) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar dan (3) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan sampel kelas VIIA dan VIIB. Dari hasil analisis yang dilakukan, rata-rata skor data kemampuan berpikir kritis yang mengikuti model pembelajaran guided discovery learning adalah 83,75 berada pada interval X ≥ 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Implikasi penelitian ini adalah melihat adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, diharapkan model pembelajaran guided discovery learning dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Full Text:

PDF

References


Afifah Yuliani Adhim, Budi Jatmiko. 2015. " Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Kegiatan Laboratorium untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA pada Materi Suhu dan Kalor" Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 77-82.

Eko Purwanto. Candra, Eko Nugroho, Sunyoto, Wiyanto. 2012. " Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis." UNNES Physics Education Journal 27-32.

Emelia Rosa Purba, Jonathan Hutapea. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Kecamatan Binjai." Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat 155-163.

Fuad. Haris, Yudi Rinanto, Umi Fatmawati 2015. " Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014” Jurnal Pendiidkan Biologi 114-122

Mayangku Serungke, S. Yoga. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa." Prosiding Seminar Nasional MIPA III . Aceh: Langsa. 219-223.

Merry Agustina, Arwin Achmad, Berti Yolida. 2015. " Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung 1-8

Novi Maulidar, Yusrizal, A. Halim. 2016. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Indrajaya pada Materi Kemagnetan." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 69-75.

Salamadian. 2018. Tujuan Pendidikan Nasional . February 19. https://salamadian.com/tujuan- pendidikan-nasional/.

Sucipta, Eeng Ahman, Neti Budiwati. 2018. “Metode Guided Discovery Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis Siswa dilihat dari Motivasi Belajar”. Indonesian Journal of Economics Education 1-8

Tiana, Neris Lendi. 2015. "Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar UNJ 287-297.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3

Wahyu Setiawan. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing.” Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 91-96




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.